Jumat 10 Sep 2021 15:39 WIB

3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Banyak olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah.
Foto: www.freepik.com.
Banyak olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga penting dilakukan demi menjaga kekebalan tubuh. Riset gabungan dari beberapa pakar menunjukkan bahwa olahraga menentukan efek biologis dan psikologis yang mempengaruhi otak dan fungsi kognitif serta mendukung kondisi wellbeing yang baik. Olahraga juga berperan penting dalam melawan penuaan normal dan patologis.

"Olahraga secara teratur terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan kesedihan selama masa-masa sulit ini. Selain itu, olahraga mencegah penambahan berat badan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi, termasuk COVID-19 dan flu," kata Allison Casciato, MD Scripps Coastal Medical Center Jefferson di Oceanside, California, AS.

Baca Juga

Bagi yang biasa berolahraga di pusat kebugaran atau yang gemar olahraga seperti basket dan sepakbola, mungkin saat ini Anda belum bisa melakukannya secara rutin, mengingat banyak tempat olahraga belum buka dikarenakan situasi pandemi yang masih berlangsung. Namun hal ini bukan berarti Anda tidak menggerakkan badan untuk tetap bugar. 

Sebagai pengganti, Anda bisa berolahraga di rumah dan di daerah sekeliling rumah. Banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan daerah perumahan, dan tidak hanya dilakukan sendiri, karena ada beberapa olahraga bisa dilakukan bersama keluarga ataupun si kecil. 

Berikut adalah beberapa ide olahraga yang bisa bantu Anda tetap fit di rumah, dikutip dari siaran resmi Greenfields, Jumat (10/9).

 

Kelas menari daring

Selama masa PPKM, banyak pusat kebugaran yang menawarkan kelas menari daring. Anda bisa belajar menari di rumah dengan mengikuti kelas menari seperti Zumba, modern dance, senam, dan balet. Selain seru, mengikuti kelas menari juga menggerakan badan dan membakar kalori, sama dengan berolahraga.

 

Yoga

Yoga adalah olahraga yang selain menenangkan, juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki postur, keseimbangan, dan koordinasi. Walaupun gerakannya tidak intens seperti olahraga lainnya, ada tantangan sendiri saat melakukan gerakan-gerakan yoga. Ada juga gerakan yoga sederhanauntuk pemula kalau sebelumnya Anda belum pernah mencoba yoga.

 

High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT adalah metode latihan kardio yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, kurang lebih 10-30 menit dalam satu kali Latihan adalah olahraga kardio atau jenis gerakan olahraga yang bertujuan untuk memperkuat detak jantung dan memperkuat pernapasan serta membakar kalori yang banyak. HIIT bisa menjadi solusi untuk kamu yang dapat dilakukan dirumah tanpa memerlukan alat-alat olahraga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement