Rabu 11 Oct 2023 08:07 WIB

Cara Cepat Bakar Lemak Perut, Simak Saran Fisioterapis

Ada lima latihan yang dapat diandalkan untuk membakar lemak perut.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fisioterapis menyarankan lima latihan yang dapat diandalkan untuk mengencangkan perut dan membakar lemak. Latihan ini juga mudah dilakukan sendiri di rumah./ilustrasi
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Fisioterapis menyarankan lima latihan yang dapat diandalkan untuk mengencangkan perut dan membakar lemak. Latihan ini juga mudah dilakukan sendiri di rumah./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adakah latihan cepat dan mudah yang dapat dilakukan di rumah supaya tetap langsing meski banyak menyantap kudapan? Tentunya, banyak orang penasaran, sebenarnya latihan atau gerakan apa yang benar-benar efektif untuk membakar lemak perut?

Fisioterapis bersertifikat Kieran Sheridan menyebutkan lima latihan yang dapat diandalkan untuk mengencangkan perut dan membakar lemak. Kabar baiknya, latihan ini mudah dilakukan sendiri di rumah, dikutip dari laman Herald Online, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

 

1. Leg lift

Sheridan yang memiliki banyak pengetahuan dalam teknik penurunan berat badan dan kiat kebugaran menyebut leg lift sebagai cara pertama. Gerakan ini bisa dilakukan selama lima menit untuk satu kali set, atau diulang lima hingga 10 kali.

Pertama, berbaringlah dengan kaki diluruskan dan tangan disandarkan ke samping. Tekuk lutut agar telapak kaki rata dengan permukaan. Kemudian, angkat kedua kaki lurus ke atas hingga telapak kaki menghadap ke langit-langit, lalu tempatkan kembali ke lantai.

 

2. Toe touch

Menurut Sheridan, latihan toe touch merupakan salah satu metode cool down yang biasa dilakukan sebelum melakukan latihan berat. Sang fisioterapis menjelaskan, latihan ini meregangkan tubuh untuk mencegah ketegangan pada otot.

Caranya, berdiri tegak sambil menjaga tulang belakang tetap lurus dengan kedua kaki rapat. Tarik napas, lalu angkat tangan dan membungkuk. Keluarkan napas saat tangan mencapai jari kaki. Tahan gerakan selama beberapa detik dan lakukan sebaliknya hingga tiga kali.

 

3. Standing leg lift

Mengangkat kaki sambil berdiri juga bisa menjadi cara yang sangat bagus untuk membakar lemak. Sheridan menjelaskan gerakan ini dapat digunakan dengan dinding atau kursi sebagai penyangga jika seseorang kurang bisa menyeimbangkan tubuh.

Untuk melakukan gerakan ini, mulailah dengan berdiri tegak dan letakkan tangan di pinggang atau sandarkan pada penyangga. Selanjutnya, angkat kaki kanan ke depan dan pastikan sejajar dengan perut. Tahan selama satu detik lalu turunkan. Ulangi proses yang sama pada kaki yang lain, lalu lakukan 10 kali dalam tiga set.

 

4. Bicycle crunch

Latihan otot perut lainnya yang dapat membantu menghilangkan lemak perut adalah bicycle crunch. Caranya, berbaring di lantai atau di matras yang nyaman. Lalu, tekuk lutut hingga punggung bawah benar-benar menyentuh lantai. Lalu, letakkan tangan di belakang kepala.

Pegang kepala dengan lembut menggunakan tangan dan tarik tulang belikat ke belakang dan perlahan angkat lutut mengikuti sudut 90 derajat, lalu angkat kaki dari lantai. Buang napas perlahan dan lakukan gerakan mengayuh sepeda, dengan kaki bergantian. Saat satu kaki terangkat ke arah ketiak, kaki yang lain harus diluruskan. Namun, jaga agar posisi kedua kaki lebih tinggi dari pinggul.

 

5. Squat thrust

Latihan terakhir ini adalah sejenis gerakan mirip burpee yang membantu meningkatkan intensitas sambil melatih ketangkasan dan daya tahan. Mulailah dengan berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar pinggul, lalu berjongkok di lantai atau di atas matras yoga. 

Kemudian, letakkan kedua tangan di tanah di depan, lalu lompat dengan kaki ke arah belakang sampai tubuh ada di posisi pushup. Lompat lagi hingga posisi jongkok dan berdiri. Gerakan ini dapat dilakukan dalam tiga set, masing-masing sekitar satu menit.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement