Jumat 10 Sep 2021 07:49 WIB

Tubuh akan Beri Sinyal Ketika Asupan Kafein Terlalu Banyak

Tiap orang punya ambang batas toleransi yang berbeda terhadap asupan kafein.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi panas. Tubuh akan memberikan sinyal ketika asupan kafein terlalu banyak.
Foto:

Untuk menghindari efek samping ini, Chowdary menyarankan untuk menguranginya menjadi 200 mg. Hal yang sama berlaku untuk perempuan yang mencoba untuk hamil atau sedang hamil. Hindari setidaknya empat sampai enam jam sebelum tidur agar melatonin masuk dan membantu Anda bisa mendapatkan istirahat malam dengan baik.

"Lalu, jika Anda sedang menjalani pengobatan yang mengandung efedrin, teofilin, atau echinacea, maka perhatikan asupan kafein Anda karena obat dan suplemen ini dapat berinteraksi dengan kafein dan meningkatkan efek samping seperti jantung berdebar dan mual," kata Chowdary.

Baca juga : Naskah Khutbah Jumat: Antara Iman dan Amal Shalih

Ahli gizi merekomendasikan tips berikut untuk mengurangi asupan kopi.

  • Awasi berapa banyak kafein yang Anda konsumsi setiap hari. Temukan sumber tersembunyi seperti makanan dan minuman olahan.

    - Kurangi secara bertahap. Gejala penarikan kafein itu nyata! Jadi beri tubuh Anda kesempatan untuk membiasakannya secara perlahan.

    - Berikan kopi tanpa kafein. Rasanya sama enaknya dengan yang asli.

    - Cobalah teh herbal.

    - Perhatikan daftar bahan pada obat Anda. Obat pereda sakit tertentu yang sarat dengan kafein dapat menyebabkan efek samping yang mengerikan jika Anda baru meminum kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement