Kamis 09 Sep 2021 13:06 WIB

5 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Berolahraga dan konsumsi multivitamin bisa jadi cara tingkatkan kekebalan saat dingin

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Warga bersepeda kala hujan. Berolahraga dan konsumsi multivitamin bisa jadi cara tingkatkan kekebalan saat cuaca dingin di musim hujan

4. Batasi makanan cepat saji 

Saat sibuk dan stres, mudah untuk jatuh ke dalam kebiasaan memesan burger atau pizza lewat aplikasi, tetapi makanan cepat saji tidak mendukung sistem kekebalan tubuh sama sekali.

Para peneliti di Universitas Bonn di Jerman telah menemukan bahwa pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh bertindak seolah-olah merespons infeksi bakteri.

5. Hindari stres dan tidur cukup

Bila anda bekerja seharian, kadang menimbulkan stres sehingga menghasilkan hormon kortisol. Dalam jangka pendek, kortisol membantu melawan infeksi, tetapi ketika kadarnya terus menerus tinggi, itu dapat memiliki efek negatif, menekan dan melemahkan respons kekebalan terhadap infeksi potensial, menunda pemulihan dan bahkan meningkatkan risiko untuk penyakit radang kronis.

Memerangi dampak stres kronis pada tubuh Anda melibatkan pembuatan kotak peralatan sumber daya untuk membantu, seperti perhatian dan mediasi.  Secara pribadi, saya suka mandi magnesium setelah hari yang menegangkan.

 

Tidur juga merupakan dasar dari kekebalan yang baik. Peluang Anda terkena infeksi adalah lima setengah kali lebih besar jika Anda mengatur waktu tidur kurang dari enam jam per malam. Jaga tidur anda dan berusahalah untuk memberi tubuh kesempatan untuk beristirahat dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement