Kamis 09 Sep 2021 13:06 WIB

5 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Berolahraga dan konsumsi multivitamin bisa jadi cara tingkatkan kekebalan saat dingin

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Warga bersepeda kala hujan. Berolahraga dan konsumsi multivitamin bisa jadi cara tingkatkan kekebalan saat cuaca dingin di musim hujan

2. Lakukan Pola Diet Makanan Sehat 

Ini bukan hanya tentang meminum suplemen vitamin C ketika Anda merasa pilek datang.  Mengemas diet harian Anda yang penuh dengan nutrisi dan herbal yang mendukung kekebalan, terutama yang memiliki sifat anti-virus, adalah cara yang bagus untuk memberi tubuh Anda peluang bagus untuk tetap dalam kondisi puncak.

Dr Jenna Macciochi, seorang ahli imunologi terkemuka mengatakan diet anti-inflamasi gaya mediterania adalah contoh yang bagus dari pola diet bergizi yang didukung secara ilmiah.

"Kaya akan serat, lemak sehat seperti omega 3, protein tanpa lemak, dan bahan kimia nabati yang berlimpah, memenuhi semua kebutuhan nutrisi kita sehari-hari, sekaligus mengurangi peradangan kronis dan mencegah penyakit terkait usia," kata dia.

3. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Usus

Menurut Macciochi, sekitar 70 persen dari sistem kekebalan berhubungan erat dengan mikrobiota usus. Diet yang bervariasi, kaya serat dan kaya nutrisi adalah kunci untuk mempromosikan mikrobioma usus yang sehat.

Merawat kesehatan usus dengan probiotik harian yang mengandung strain pendukung kekebalan yang diteliti secara klinis, seperti strain lactobacillus dan bifidobacterial, bisa menjadi cara sederhana untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Probiotik telah terbukti secara klinis mengurangi insiden, durasi dan tingkat keparahan infeksi umum.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement