Senin 06 Sep 2021 15:56 WIB

3 Manfaat Selada Romaine yang tak Banyak Diketahui

Selada romaine sering menjadi campuran salad klasik.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Selada romaine sering menjadi campuran salad klasik.
Foto: Pixabay
Selada romaine sering menjadi campuran salad klasik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selada romaine bentuknya mirip dengan sawi putih. Biasanya selada ini dibuat menjadi salad. Namun, masih banyak yang belum tahu apa saja manfaat selada ini bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari EatThis pada Senin (6/9), selada romaine adalah pilihan salad klasik dan masih membawa lebih banyak manfaat kesehatan daripada yang disadari kebanyakan orang. Berikut manfaat selada romaine bagi tubuh.

Baca Juga

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Selada Romaine adalah sumber potasium yang bagus, dengan satu cangkir mengandung sekitar 116 miligram. Untuk beberapa perspektif, secangkir kangkung hanya memiliki sekitar 71 miligram potasium.

Anda tidak akan mendapatkan potasium dengan selada romaine sebanyak yang Anda dapatkan dengan sesuatu seperti pisang, yang memiliki sekitar 375 miligram, tetapi pisang juga memiliki sekitar 18 gram gula dibandingkan dengan satu gram dalam selada romaine.

Kalium memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan Anda.  Sebuah laporan dari The British Medical Journal mengungkapkan kalau asupan kalium yang konsisten dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang hidup dengan hipertensi serta menurunkan risiko stroke secara signifikan.

2. Dapat Meningkatkan Kalsium

Kalsium adalah nutrisi penting untuk kesehatan Anda dan dapat memengaruhi banyak area tubuh Anda seperti tulang, gigi, ginjal dan bahkan sistem kardiovaskular Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa meskipun banyak penekanan ditempatkan pada mendapatkan cukup kalsium pada usia dini untuk perkembangan tulang yang sehat, itu sebenarnya diperlukan sepanjang hidup.

Pada 15,5 miligram per cangkir, selada romaine dengan sendirinya tidak akan memberi Anda hampir cukup kalsium untuk memenuhi rekomendasi harian sekitar 1.000 miligram untuk rata-rata orang dewasa.  Namun, Anda tidak boleh mengurangi nilai makan makanan padat nutrisi dan rendah kalori yang mengandung kalsium.

3. Banyak Nutrisi dari Vitamin dan Antioksidan

Salah satu manfaat selada adalah tubuh Anda mendapat banyak nutrisi dari vitamin dan antioksidan, serta serat dalam jumlah yang layak, semuanya dengan kalori yang sangat sedikit.  

Misalnya, hanya ada 8 kalori dalam secangkir selada romaine, dengan satu gram karbohidrat dan kurang dari setengah gram lemak. Salah satu alasan romaine memiliki sedikit kalori adalah karena kandungan airnya yang tinggi, dengan 94,6 gram air per 100 gram selada romaine. Ini tidak hanya membantu menghemat kalori tetapi juga dapat membantu menghidrasi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement