Ahad 05 Sep 2021 14:00 WIB

Vaksinasi Influenza Kurangi Risiko Kematian Pasien Jantung

Vaksinasi influenza dini menghasilkan risiko semua penyebab kematian lebih rendah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Friska Yolandha
Vaksin influenza (ilustrasi). Vaksinasi influenza dianggap mengurangi risiko kematian pada pasien rawat inap dengan infark miokard atau penyakit koroner berisiko tinggi.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Vaksin influenza (ilustrasi). Vaksinasi influenza dianggap mengurangi risiko kematian pada pasien rawat inap dengan infark miokard atau penyakit koroner berisiko tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksinasi influenza dianggap mengurangi risiko kematian pada pasien rawat inap dengan infark miokard atau penyakit koroner berisiko tinggi. Ini menurut penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam sesi Hot Line di ESC Congress 2021. 

Selama epidemi influenza lebih banyak orang meninggal karena penyebab kardiovaskular daripada selama periode nonepidemi. Studi observasional telah menyarankan efek perlindungan dari vaksinasi influenza pada kejadian kardiovaskular, dan uji coba acak pusat tunggal telah mendukung temuan ini. 

Vaksinasi influenza direkomendasikan untuk pasien dengan penyakit jantung, tetapi bukan bagian dari perawatan standar rumah sakit setelah infark miokard akut. Percobaan IAMI adalah percobaan acak terbesar sampai saat ini untuk mengevaluasi apakah vaksinasi influenza meningkatkan hasil setelah infark miokard atau intervensi koroner perkutan pada pasien berisiko tinggi dengan penyakit arteri koroner. 

Uji coba dilakukan di 30 rumah sakit di delapan negara (Swedia, Denmark, Norwegia, Latvia, Inggris, Republik Ceko, Bangladesh, dan Australia) selama empat musim influenza mulai Oktober 2016 hingga Februari 2020. Peserta secara acak dalam rasio 1:1 untuk menerima baik vaksin influenza atau plasebo dalam waktu 72 jam dari prosedur koroner invasif atau rawat inap. 

Titik akhir primer adalah gabungan dari semua penyebab kematian, infark miokard, atau trombosis stent pada 12 bulan. Strategi pengujian hierarkis digunakan untuk hasil sekunder utama dari semua penyebab kematian, kematian kardiovaskular, infark miokard, dan trombosis stent. 

Uji coba dihentikan sebelum waktunya pada 7 April 2020 oleh dewan keamanan dan pemantauan data karena pandemi COVID-19 setelah pendaftaran 2.571 pasien (58 persen dari target). Rata-rata usia peserta adalah 60 tahun dan 18 persen adalah perempuan. 

Efek samping yang serius jarang terjadi dan dengan tipe dan insiden yang sama pada kedua kelompok. Reaksi di tempat suntikan seperti nyeri, kemerahan, pembengkakan, dan pengerasan dilaporkan secara signifikan lebih sering pada pasien yang diberi vaksin influenza. 

Percobaan IAMI menemukan pada pasien dengan infark miokard atau penyakit koroner berisiko tinggi, vaksinasi influenza dini menghasilkan risiko gabungan semua penyebab kematian, infark miokard atau trombosis stent yang lebih rendah pada 12 bulan dibandingkan dengan plasebo. 

"Temuan kami menunjukkan bahwa vaksinasi influenza harus dipertimbangkan sebagai bagian dari perawatan di rumah sakit setelah infark miokard," kata Ole Froebert sebagai Peneliti Utama, Profesor, Universitas Oerebro, Swedia dilansir dari News-Medical pada Ahad (5/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement