Kamis 24 Aug 2023 21:39 WIB

Penyandang Diabetes Disarankan Vaksinasi Influenza, Ini Penjelasan Dokter

Vaksinasi dinilai bermanfaat bagi pasien yang memiliki komorbid.

Penyandang diabetes diminta untuk melakukan vaksinasi influenza.
Foto: www.pixabay.com
Penyandang diabetes diminta untuk melakukan vaksinasi influenza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM, Dr Wismandari Wisnu, SpPD, KEMD, FINASIM, mengatakan bahwa vaksinasi influenza sangat penting bagi para penyandang diabetes. Pasalnya, vaksinasi terbukti efektif melindungi pasien yang memiliki berbagai komorbid atau penyakit penyerta.

"Penyandang diabetes berisiko lebih tinggi terkena infeksi, termasuk influenza, karena lemahnya sistem kekebalan tubuh penyandang diabetes sehingga sulit melawan infeksi," kata Wismandari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga

Dokter yang menjabat sebagai Sekretaris Umum PP Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) itu juga mengatakan bahwa kadar gula darah yang tinggi mempermudah pertumbuhan bakteri dan virus sehingga meningkatkan risiko infeksi. Diabetes, dikatakan Wismandari, juga dapat merusak pembuluh darah, sehingga menyebabkan sirkulasi yang buruk dan waktu penyembuhan yang lebih lambat.

Wismandari juga mengatakan bahwa vaksinasi influenza pada penyandang diabetes dengan risiko kardiovaskular juga terbukti menurunkan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular, serta angka kejadian komplikasi kardiovaskular.

 

"Inilah mengapa perlindungan seperti vaksinasi influenza sangat penting bagi para penyandang diabetes," kata Wismandari.

Dalam kesempatan yang sama, Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FINASIM, mengatakan bahwa saat penyandang diabetes terpapar infeksi seperti influenza, maka komplikasi flu yang berakibat pada risiko rawat inap meningkat enam kali lebih besar, risiko perawatan intensif di ICU meningkat empat kali lipat, dan peningkatan risiko kematian sebesar enam kali lipat.

"Selain itu, influenza juga mempersulit penyandang diabetes mengontrol gula darahnya dan memperburuk komplikasi diabetes," kata Samsuridjal yang merupakan pakar imunisasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Oleh sebab itu, Samsuridjal menjelaskan untuk mencegah beban influenza yang berdampak besar pada seluruh aspek, maka salah satu cara yang efektif adalah vaksinasi influenza kuadrivalen yang rutin dilakukan setiap tahun.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement