Selasa 31 Aug 2021 15:46 WIB

Deretan Penyakit Infeksi Selain Covid yang Perlu Diwaspadai

IDI mengingatkan masih ada penyakit infeksi selain Covid-19 yang perlu diwaspadai.

Rontgen paru. Penyakit infeksi seperti tuberkulosis (TBC) memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia.
Foto:

Bersih sehat

Daeng mengatakan bahwa pandemi membuat permasalahan kesehatan di Indonesia saat ini semakin rumit dan tatanannya pun semakin besar, baik penyakit infeksi maupun gaya hidup. Kendati demikian, Daeng mengingatkan ada empat hal yang harus dijaga supaya tidak mudah sakit, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

"Yang pertama adalah perilaku, kemudian lingkungan, lalu daya tahan tubuh, dan terakhir pelayanan kesehatan," ujar Daeng.

Dari keempat hal tersebut, Daeng menekankan pentingnya faktor perilaku dan lingkungan untuk mengatasi masalah kesehatan. Perilaku bersih sehat seperti mandi, cuci tangan adalah bagian dari perilaku untuk jaga diri tetap bersih.

"Maka kalau tubuh bersih kuman tidak akan mudah masuk ke tubuh kita. Kalau kita tinggalkan kebersihan diri maka akan bahaya sekali karena kuman, bakteri, dan virus jadi gampang masuk," papar Daeng.

Dalam menjaga kebersihan tubuh, Daeng menyarankan penggunaan sabun antiseptik. Sabun itu bisa digunakan untuk membantu mengurangi mikroorganisme jahat yang mengganggu kesehatan.

"Yang kedua adalah faktor lingkungan, dengan mensanitasi dan disinfeksi lingkungan rumah, lingkungan kerja, bahkan lingkungan belanja supaya virus-virus itu tidak bertebaran," ujar Daeng.

Daeng menyebut bahwa lingkungan rumah harus dibersihkan karena rumah sering terjadi klaster keluarga. Barang-barang atau apapun yang sering disentuh keluarga dan anak-anak, seperti pintu, mebel, dan gawai harus sering dibersihkan.

"Jangan lupa secara rutin dilakukan pembersihan," ujar Daeng seraya mengingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement