Senin 30 Aug 2021 08:11 WIB

Dokter: Konsumsi Real Food Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Diet Mediterania mengharuskan orang makan lebih banyak real food.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pola makan ala diet Mediterania mengandung banyak sayur dan buah. Diet ini dinilai paling ideal untuk mencegah penyakit jantung.
Foto:

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan Mediterania juga dapat mengurangi risiko serangan jantung lainnya. Namun kurang jelas, apakah makanan tertentu yang dikonsumsi atau diet Mediterania secara keseluruhan yang memberikan manfaat kesehatan jantung.

"Sebab percuma jika Anda menambahkan minyak zaitun, tapi masih makan makanan yang tinggi lemak jenuh dan garam serta rendah buah dan sayuran. Tidak akan ada perubahan yang signifikan," kata Victoria Taylor dari British Heart Foundation.

Di samping diet Mediterania, NHS merekomendasikan untuk melakukan olahraga secara teratur. Olahraga akan membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih efisien, menurunkan kadar kolesterol, dan juga menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat.

"Berolahraga secara teratur mengurangi risiko terkena serangan jantung. Jantung adalah otot, sehingga seperti otot lainnya, ia pun akan dapat manfaat dari olahraga. Jantung yang kuat dapat memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh Anda dengan sedikit usaha," kata NHS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement