Jumat 27 Aug 2021 19:49 WIB

Risiko Stroke 85 Persen Lebih Tinggi Jika Tidur Seperti Ini

Cara tidur dapat secara signifikan tingkatkan risiko stroke.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Cara tidur dapat secara signifikan tingkatkan risiko stroke.
Foto:

3. Tidur berlebihan dan tidur siang menunjukkan gaya hidup tidak aktif secara keseluruhan

Studi itu tidak menyimpulkan mengapa persisnya hubungan antara pola tidur dan stroke ini ada. Namun, rekan penulis studi dan seorang profesor di Huazhong University of Science and Technology, Xiaomin Zhang mengatakan bahwa tidur siang dan malam lama menunjukkan gaya hidup tidak aktif secara keseluruhan, yang dapat berkontribusi pada peningkatan risiko stroke.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana tidur siang yang lama dan tidur lebih lama di malam hari dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke, tetapi penelitian sebelumnya menunjukkan tidur siang dan malam yang lama memiliki perubahan yang tidak menguntungkan pada kadar kolesterol dan peningkatan lingkar pinggang, keduanya di antara merupakan faktor risiko stroke," kata Zhang.

4. Kualitas tidur buruk juga dapat berkontribusi pada risiko stroke

Bukan hanya berapa lama Anda tidur, menurut penelitian, kualitas tidur buruk juga berperan dalam peningkatan risiko stroke. Para peneliti menemukan peserta yang melaporkan kualitas tidur buruk menunjukkan risiko 29 persen lebih tinggi terkena stroke total dibandingkan mereka yang melaporkan kualitas tidur yang baik. Ketika melihat mereka yang tidur lama dan melaporkan kualitas tidur  buruk, maka risiko terkena stroke 82 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidur sedang dengan kualitas tidur yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement