Jumat 27 Aug 2021 13:02 WIB

Beyonce Disebut tak Tahu Sejarah 'Berlian Berdarah'

Ibu Beyonce membela putrinya yang tak tahu sejarah berlian langka tersebut.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Beyonce dan suaminya Jay-Z terlibat dalam kampanye About Love Tiffany. Dalam sebuah pemotretan, ia mengenakan berlian langka yang belakangan diketahuinya berjulukan Berlian Berdarah.
Foto: AP/Chris Pizzello/Invision
Beyonce dan suaminya Jay-Z terlibat dalam kampanye About Love Tiffany. Dalam sebuah pemotretan, ia mengenakan berlian langka yang belakangan diketahuinya berjulukan Berlian Berdarah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebritas Hollywood, Beyonce, mengaku kecewa dan marah setelah mengetahui berlian langka yang dipakainya untuk kampanye perusahaan perhiasan mewah Tiffany dijuluki "Berlian Berdarah". Beyonce menyebut, dirinya tidak diberi tahu detail sejarah berlian yang selama ini baru dikenakan oleh empat orang itu.

Beyonce menjadi perempuan kulit hitam pertama dan jadi orang keempat yang pernah mengenakan Tiffany Diamond 128 karat. Tetapi sebuah sumber mengatakan, dia justru kesal karena dia tidak diceritakan sejarah suram berlian seharga 30 juta dolar AS (Rp 432 miliar) itu.

Baca Juga

Tiffany Diamond digali dari tambang Kimberly di Afrika Selatan pada era kolonial 1877 oleh buruh kulit hitam yang dibayar rendah dalam kondisi yang mengerikan. Mereka dipaksa bekerja dengan intens dalam kondisi yang sempit, sering kali menyebabkan kecelakaan fatal.

Perumahan buruh itu tidak memiliki air alami dan tidak punya pembuangan limbah. Bahkan, ada 1.144 buruh yang meninggal karena berbagai penyakit termasuk pneumonia dan kudis antara 1877 hingga 1879 saja.

Pada 1879, berlian kuning itu dijual kepada Charles Tiffany, yang telah mendirikan toko perhiasan AS kelas atas. Seorang perempuan sosialita, Mary Whitehouse, memamerkannya di Tiffany Ball di Rhode Island pada 1957.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tiffany & Co. (@tiffanyandco)

Aktris asal Inggris Audrey Hepburn pernah memakainya untuk mempromosikan filmnya Breakfast at Tiffany's pada 1961. Penyanyi Lady Gaga mengenakan kalung berlian itu di lehernya pada Oscar 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement