Sabtu 28 Aug 2021 06:50 WIB

Tips Melembutkan Kembali Handuk yang Keras-Kasar

Sering kali, handuk terasa keras dan kasar setelah dicuci.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Handuk (ilustrasi). Tekstur handuk bisa menjadi keras dan kasar akibat kesalahan dalam mencucinya.
Foto: Pixabay
Handuk (ilustrasi). Tekstur handuk bisa menjadi keras dan kasar akibat kesalahan dalam mencucinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Handuk yang lembut dan segar tentunya lebih nyaman saat digunakan setelah mandi. Hanya saja, orang sering kali mendapati handuk mereka terasa keras dan kasar saat digunakan.

Jika handuk menjadi kurang lembut, hal itu kemungkinan akibat dari kesalahan saat mencucinya. Mantan perancang mode yang terjun ke dunia properti Laura de Barra berbagi tips untuk menjaga tekstur handuk tetap lembut dan halus.

Baca Juga

Melalui akun TikTok @lauradebarra, Laura mengungkapkan tekstur handuk bergantung pada cara mencuci handuk. Penulis  Gaff Goddess asal Irlandia itu mengungkapkan cara terbaik merawat serat handuk, dikutip The Sun, Jumat (27/8).

Handuk yang cukup kasar atau keras setelah dicuci, biasanya dikarenakan terjadi penumpukan di serat. Secara alami, kekuatan handuk tentunya adalah penyerapan.

"Handuk menjadi kasar dan keras setelah dicuci biasanya karena pembilasannya kurang bersih, mungkin karena mesin cucinya terlalu penuh atau Anda benar-benar menggunakan terlalu banyak deterjen," jelas Laura.

Ada penumpukan deterjen di dalam serat handuk, sehingga kain akhirnya tidak menyerap dengan baik. Handuk menjadi tidak dapat mengeringkan barang dengan benar dan kasar saat disentuh. Untungnya, ada cara untuk mengembalikan tekstur lembut handuk agar handuk tetap nyaman dipakai.

"Untuk membuatnya lembut kembali, yang perlu Anda lakukan adalah mencuci handuk tanpa deterjen sama sekali. Jadi masukkan handuk ke dalam mesin cuci seperti biasa dan kemudian tuangkan dua cangkir cuka ke dalamnya dan cuci dengan air hangat," kata Laura.

Cuka adalah pembersih non-toksik yang benar-benar efektif. Cuka bermanfaat dalam membersihkan serat dari deterjen. Cuka juga menghilangkan bau dan sangat ramah untuk mesin cuci secara umum.

Hindari air panas karena itu juga membuat handuk katun sedikit kasar. Sebaiknya, lakukan pencucian dengan air hangat, sekitar 60 derajat Celcius.

Apabila handuk masih tetap kasar dan sudah berlangsung lama, maka kemungkinan perlu dicuci beberapa kali dengan menggunakan memasukkan secangkir bicarbonat. Soda bikarbonat dapat menjadi "pembersih alami" yang hebat dan membantu melepaskan residu yang tertinggal di serat handuk.

Laura juga merekomendasikan untuk "mengguncangkan" handuk dengan kuat saat mengeringkannya di udara. Jurus itu membantu "membuka serat", meningkatkan rasa tangan pada handuk, dan membuat kain lebih baik dalam mengeringkan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement