Jumat 27 Aug 2021 06:50 WIB

Remaja Inggris Dioperasi Caesar Saat Kritis Akibat Covid-19

Ibu hamil dianjurkan mendapatkan vaksin Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu muda asal Inggris, Lucy Smith (18 tahun), menjalani operasi caesar saat dirinya kritis akibat Covid-19. Lucy sengaja menunda untuk divaksinasi karena ingin menunggu sampai melahirkan.
Foto:

Meneni sangat merekomendasikan calon ibu untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Ia menyebut, ini adalah cara terbaik untuk melindungi ibu dan bayi mereka dari Covid-19.

"Jika Anda memiliki pertanyaan atau ragu-ragu, silakan berbicara dengan bidan, dokter kandungan, atau dokter umum Anda, kami di sini untuk membantu mendukung Anda membuat keputusan berdasarkan bukti dan informasi terbaik yang tersedia," jelasnya.

photo
Ibu hamil di masa pandemi. - (Republika.co.id)

Data menunjukkan bahwa vaksin sangat aman dan efektif untuk ibu hamil. Para calon ibu pun telah didesak untuk mendapatkan vaksin. Faktanya, sekitar 98 persen perempuan yang berakhir di rumah sakit dengan perawatan belum mendapatkan vaksinasi.

Menteri Penyebaran Vaksin Covid-19 Inggris Nadhim Zahawi mengatakan, ibu hamil lebih mungkin sakit parah akibat Covid-19. Saat ini sudah umum diketahui bahwa vaksin aman untuk kelompok ibu hamil dan pada kenyataannya sangat jarang ibu hamil yang dirawat inap dengan Covid-19 setelah mendapatkan vaksinasi

Dr Pat O'Brien, Wakil Presiden Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, mengatakan pihaknya sekarang memiliki data yang kuat dari hampir 200 ribu perempuan dari seluruh AS dan Inggris yang telah menerima vaksin Covid-19. Tidak ada masalah yang dilaporkan penerima vaksin. "Ini memberi tahu kita bahwa vaksin Moderna dan Pfizer aman untuk kehamilan," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement