Rabu 25 Aug 2021 21:18 WIB

Tidak Suka Membaca? Coba Tips Ini

Indonesia menempati peringkat ke-69 dari 127 negara dalam kompetensi membaca.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Indonesia menempati peringkat ke-69 dari 127 negara dalam kompetensi membaca.
Foto:

3. Temukan Video Singkat atau Sinopsis Buku Yang Mau Dibaca

Sama halnya dengan menonton film, menyelesaikan sebuah buku akan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Memahami gambaran umum, konsep dan pemikiran di balik sebuah buku adalah hal yang penting, sehingga bisa menentukan apa buku yang mau dibaca sepadan dengan waktu yang akan dihabiskan.

4. Habit Stacking

Waktu kecil, mungkin sering melihat orangtua kita minum kopi sambil membaca koran di pagi hari. Hal ini, bisa dianggap sebagai habit stacking, yaitu menggabungkan dua kebiasaan dalam satu aktivitas. Jadi, cobalah untuk mencari kebiasaan apa yang sering dilakukan setiap hari, dan sisipkan membaca buku di dalamnya. Misalnya, kebiasaan minum teh di malam hari sebelum tidur. Kali ini, bisa menyertakan kebiasaan membaca satu halaman buku bersamaan dengan minum teh. Hal ini akan sangat mempermudah dalam membangun kebiasaan baru.

5. Audiobook Sebagai Teman Membaca

Membaca hanya melibatkan satu panca indera saja. Mungkin, hal ini yang membuat kita menganggap membaca adalah hal yang membosankan. Di zaman sekarang, kita sudah bisa mengakses jutaan audiobook di internet. Cobalah untuk membaca buku dan mendengarkan audiobook secara bersamaan, untuk meningkatkan interaksi serta mengurangi distraksi dalam membaca. Cara ini juga sangat bagus sebagai latihan dalam meningkatkan kecepatan membaca.

6. Ubah Mindset

Tips terakhir yang juga tidak kalah penting adalah mengubah pola pikir tentang membaca. Jika kita terus menganggap kita adalah orang yang tidak suka membaca, tips di atas akan sangat terasa sulit untuk dilaksanakan. Mulai sekarang, anggap diri kita sebagai orang yang suka membaca, niscaya tips di atas akan sangat mudah untuk dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement