Sabtu 06 Apr 2024 15:56 WIB

Merasa Pemahaman Membaca Berkurang, Ini Cara Mengembalikanya

Meditasi dapat meningkatkan fungsi kognitif dan pemahaman membaca.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Seorang anak membaca buku (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Seorang anak membaca buku (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pengguna Twitter curhat mengalami penurunan konsentrasi karena terlalu banyak menggunakan media sosial. Ia mengaku kemampuan membaca dan rentang perhatiannya turun akibat terlalu sering menonton video pendek.

"Saya banyak membaca dan menyadari pemahaman membaca saya turun drastis setelah saya memanjakan diri sepanjang bulan ini menonton Tiktok," tulis akun @girlnamedmarley, belum lama ini. Di bawahnya, banyak pula komentar-komentar serupa yang mengaku konsentrasinya turun usai mengonsumsi video-video pendek.

Baca Juga

"Sempet reading slump trs malah kecanduan reels. Akhirnya baca buku baru 2 lembar aja gada yg kecerna & auto tidur. Sementara ini unisntall ig & mulai baca dari yg ringan lgi kaya quora atau medium, sambil dikit” baca buku walaupun msh ngantukan," tulis akun @sela***.

"Ya emang gitu, algoritma itu merusak banget. Sebuah mesin tau banyak diri lu dari pada diri lu sendiri. Apa lagi efek negatif YT Short, Tiktok bikin orang terbiasa serba cepet dan instan. Jadi kalo nonton video panjang jadi mager dan ga biasa. Itu bisa ngilangin fokus," kata @anak***.

Psikolog Forensik Klinis A Kasandra Putranto memiliki saran untuk meningkatkan rentang perhatian dan pemahaman bacaan orang dewasa. Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut.

Pertama, cukupi kebutuhan tidur: Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

“Orang dewasa biasanya membutuhkan sekitar tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam,” ujar Kasandra kepada Republika.co.id, Sabtu (6/4/2024). 

Kedua, aktif bersosialisasi: Berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, seperti teman, sahabat, dan orang terdekat, dapat membantu meningkatkan daya ingat dan pemahaman. Menurut Kasandra, bersosialisasi juga dapat membantu mengurangi stres dan depresi yang dapat memengaruhi daya ingat. 

Meditasi dapat membantu....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement