Rabu 25 Aug 2021 13:58 WIB

Talenta Elly Kasim: Nyanyi, Opera, Hingga Wedding Organizer

Elly Kasim bukan cuma terkenal sebagai penyanyi pop Minang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi lengendaris Elly Kasim lahir di Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatra Barat. Elly meninggal dunia Rabu (25/8) di Jakarta.
Foto:

Elly Kasim lahir di Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatra Barat pada 27 September 1944. Menyemarakkan dunia sejak tahun 1961, Elly sudah merilis 100 album solo.

Lagu pertama yang Elly nyanyikan adalah "Mayang Taurai" yang merupakan lagu Minang. Salah satu tembang milik Elly adalah "Ayam Den Lapeh" yang hits hingga mancanegara. Di samping itu, Elly juga terkenal dengan lagu "Ampun Mandeh", "Kasiah tak Sampai", "Langkisau", "Cinto Ka Uda".

Pada 2017, sebuah konser bertajuk "Menjulang Bintang, 57 Tahun Elly Kasim Berdendang" digelar untuk merayakan ulang tahunnya. Politikus asal Sumatra Barat, Fadli Zon, menjadi ketua panitia acara yang menghadirkan Titiek Puspa, Judika, Be3, dan Rancak Voice tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by EllyKasim (@ellykasim.ek)

Selain berkiprah di bidang musik dan seni pertunjukan, Elly Kasim juga memiliki usaha di bidang penyelenggaraan acara pernikahan (wedding organizer) adat Minang di bawah bendera Elly Kasim Collection. Dalam pertemuannya dengan Dorce Gamalama beberapa tahun lalu, Elly, mengatakan, usaha tersebut merupakan warisan dari neneknya yang meninggal pada 1973.

Banyak tokoh publik dan selebritas yang menggunakan jasanya, mulai dari Jusuf Kalla hingga Atta Halilintar dan Aurelia Hermansyah. Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora juga klien Elly Kasim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement