Rabu 25 Aug 2021 07:32 WIB

Kiat Atasi Masalah Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik

Kalbu hadir dan menyediakan platform untuk menjadi perantara bagi mereka yang membutuhkan diskusi atau konsultasi terkait kesehatan mental mereka dengan praktisi kesehatan mental yang mumpuni.
Foto: istimewa
Kalbu hadir dan menyediakan platform untuk menjadi perantara bagi mereka yang membutuhkan diskusi atau konsultasi terkait kesehatan mental mereka dengan praktisi kesehatan mental yang mumpuni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pandemi Covid-19  yang berkepanjangan telah merubah prilaku manusia secara mendasar. Salah satunya adalah gangguan kesehatan mental atau psikologis yang dialami masyarakat, khususnya mereka yang terdampak secara langsung.

Hal itu menambah panjang daftar jumlah anggota masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mental yang sudah ada selama ini.  Namun, sayangnya bertambahnya masyarakat yang memiliki masalah mental itu tidak diimbangi dengan penanganan yang sesuai karena menjadi perhatian nomor dua setelah kesehatan fisik. “Sekecil apapun masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh kita itu akan berefek pada kehidupan kita, ini juga berlaku untuk kesehatan mental,"kata Iman Hanggautomo, Chief Visionary Officer Kalbu. 

Sadar akan minimnya perhatian masyarakat akan pentingnya kesehatan mental, Kalbu hadir dan menyediakan platform untuk menjadi perantara bagi mereka yang membutuhkan diskusi atau konsultasi terkait kesehatan mental mereka dengan praktisi kesehatan mental yang mumpuni.  Kalbu menyediakan layanan yang mudah di akses, aman dan nyaman, melalui website kalbu. life yang resmi diluncurkan dalam diskusi virtual, Senin (23/8) lalu.

Melalui platform ini, Kalbu ingin menyadarkan masyarakat kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Kalbu berangkat dari pengalaman para pendiri yang merasakan langsung pentingnya kesehatan mental. 

Sebagai orang orang yang tidak berasal dari lingkungan psikologi, para founder paham jika platform kesehatan mental harus dibuat senyaman dan aman mungkin agar orang-orang mau membuka diri dan menceritakan keadaan kesehatan mental mereka."Sekarang saatnya memberi tahu semua orang yang berurusan dengan masalah kesehatan mental bahwa mereka tidak sendirian, dan mendapatkan dukungan serta perawatan untuk hal ini bukanlah tanda kelemahan, itu adalah bukti kekuatan,"kata Iman.

Kalbu memiliki berbagai layanan. Seperti online counseling dan online workshop dengan psikolog anak dan keluarga, psikolog pendidikan, psikolog industri dan organisasi, psikolog olahraga.

Tidak hanya fokus pada konsultasi dengan psikolog yang dikenal dengan nama Sahabat Kalbu, namun Kalbu juga memiliki berbagai kelas dengan certified practitioners yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi kegiatan seraya menjaga kesehatan mental. Sebagai platform kesehatan mental pertama di Indonesia yang memiliki layanan video konseling yang terintegrasi langsung di dalam webnya, Kalbu mempermudah pengguna untuk menikmati layanan dimanapun dan kapanpun mereka inginkan tanpa perlu mengakses beberapa aplikasi sekaligus. Fitur ini juga menjaga keamanan dan privasi pengguna Kalbu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement