Ahad 22 Aug 2021 11:40 WIB

4 Olahraga Ini Sebaiknya Dihindari Lansia

Saat mencapai usia lansia sebaiknya perhatikan jenis olahraga yang dilakukan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Saat mencapai usia lansia sebaiknya perhatikan jenis olahraga yang dilakukan.
Foto:

3. Senam Lantai

CPT Inside Bodybuilding, Jack Craig, mengaku saat bekerja dengan klien yang usianya tua, dia mencoba membatasi beberapa latihan lantai terutama di pagi hari. Menurut dia, dengan bertambahnya usia, fleksibilitas tulang belakang makin berkurang.

Ini berarti seseorang dapat mengalami kesulitan untuk bangun dan berbaring di lantai. Dalam waktu lama itu dapat menyebabkan cedera atau masalah kesehatan yang berkepanjangan. Bagi orang yang sudah berusia 60-an, latihan crunch adalah salah satu latihan yang tidak boleh dilakukan.

“Ini tidak berarti orang tua tidak boleh melakukan latihan ab. Mereka dapat melakukan ini dari posisi semi-tinggi dengan meletakkan lengan bawah mereka di bangku sofa atau samping tempat tidur. Dengan begitu, mereka dapat menggunakan permukaan yang ditinggikan untuk membantu mereka berdiri tegak sekali lagi,” jelasnya.

 

4. Mesin Press kaki

Pelatih Angkat Besi Level 1 dan Editor Senior Garage Gym Review, Kate Meier, menyebut bagi orang yang berusia lebih 60 tahun, ada banyak latihan mesin yng harus mereka hindari.

“Orang tua cenderung menggunakan lebih banyak mesin olahraga karena tampaknya lebih aman tapi beberapa di antaranya mungkin tidak membantu seperti yang mereka pikirkan,” ucap dia.

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan menjadi sangat penting untuk dikerjakan dan dipelihara. Menggunakan mesin olahraga dapat menghilangkan kebutuhan tubuh untuk menstabilkan berat dan stabilisasi yang meningkatkan keseimbangan. Misal, mesin press kaki akan menargetkan otot kaki. Namun, itu akan membahayakan lutut dan punggung bawah. Sedangkan mesin bar duduk bisa membahayakan tulang belakang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement