Jumat 20 Aug 2021 10:17 WIB

Diva Pop Aryana Sayeed Berhasil Keluar dari Afghanistan

Aryana Sayeed merupakan juri di ajang kompetisi menyanyi di Afghanistan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi asal Afghanistan Aryana Sayeed telah meninggalkan Tanah Airnya. Ia kembali ke tempat tinggal permanennya di Turki.
Foto: Instagram
Penyanyi asal Afghanistan Aryana Sayeed telah meninggalkan Tanah Airnya. Ia kembali ke tempat tinggal permanennya di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi pop Aryana Sayeed telah mengonfirmasi pelariannya dari Afghanistan yang kini dikuasai Taliban. Sayeed mengatakan bahwa dia berhasil lolos dengan menumpang jet kargo AS pada Rabu.

Penyanyi yang baru-baru ini menjadi juri di ajang kompetisi menyanyi Afghanistan itu termasuk sedikit orang yang beruntung. Apalagi, banyak ekspatriat dari berbagai negara yang masih berjuang untuk menemukan penerbangan ke luar negeri.

Baca Juga

"Saya masih hidup dan baik-baik saja, setelah melewati beberapa malam yang tak terlupakan. Saya sekarang telah sampai di Doha, Qatar, dan sedang menunggu penerbangan pulang ke Istanbul," kata Sayeed.

Dari Doha, Sayeed akan melanjutkan penerbangan ke Turki. Dia menetap di sana bersama suaminya Hasib Sayed, seorang produser musik Afghanistan. Kepada 1,3 juta pengikut di Instagram, Sayeed juga mengatakan bahwa dirinya masih terkejut dan tidak percaya dengan gejolak yang saat ini terjadi di Afganistan.

 

"Setelah sampai di rumah dan pikiran serta emosi saya kembali stabil, saya punya banyak cerita untuk dibagikan kepada kalian semua," kata Sayeed, seperti dilansir New York Post, Jumat (20/8).

Selama hidup, Sayeed termasuk orang yang vokal memerangi Taliban. Di sisi lain, masih banyak perempuan Afghanistan yang tidak seberuntung Sayeed. Misalnya, Gubernur distrik Hazara, Salima Mazari, yang telah ditangkap oleh Taliban pada Rabu.

Baca juga : Taliban Ketuki Satu per Satu Rumah Warga, Ini yang Dilakukan

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement