Jumat 20 Aug 2021 01:05 WIB

Cara Atur Desain Interior untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Ada beberapa trik menata interior ruangan agar bermanfaat bagi kesehatan mental.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Desain Interior rumah. Ilustrasi
Foto:

Perhatikan Bentuk Rumah

Coba perhatikan bentuk-bentuk yang mendominasi di dalam rumah. Sebagian orang mungkin mendapati rumah mereka lebih didominasi oleh fitur dan furniture bulat atau garis halus. Namun, sebagian lainnya mungkin memiliki rumah yang didominasi oleh tepi yang lurus, bentuk-bentuk kotak, dan sudut tajam.

"Kurva yang lebih lembut dan lingkaran sebenarnya bisa lebih baik bagi kesejahteraan mental kita," pungkas Lucy.

Alasannya, tipe seperti itu cenderung lebih fleksibel dan menyenangkan. Di sisi lain, nuansa furniture dan tampilan rumah yang lebih lembut juga dapat membuat penghuninya merasa lebih nyaman untuk bersantai dan berlindung dari dunia luar.

Selain itu, tinggi langit-langit yang lebih rendah juga dapat membantu menurunkan kadar stres. Desain langit-langit yang lebih rendah dpat membuat penghuninya merasa lebih nyaman. Hal ini berkaitan dengan kehidupan nenek moyang manusia yang hidup di gua.

Lucy menganjurkan agar ruangan dengan langit-langit yang lebih rendah memiliki pencahayaan yang lebih redup. Kombinasi ini akan menciptakan perasaan nyaman. Namun bila ruangan dengan langit-langit rendah ini berdampingan dengan ruangan yang memiliki langit-langit lebih tinggi, pencahayaan yang sedikit lebih terang akan lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement