Jumat 20 Aug 2021 01:05 WIB

Cara Atur Desain Interior untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Ada beberapa trik menata interior ruangan agar bermanfaat bagi kesehatan mental.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Desain Interior rumah. Ilustrasi
Foto:

Tanaman

Studi-studi telah menunjukkan bahwa seseorang akan merasa lebih baik ketika berada di luar ruangan dan dikelilingi alam. Paparan dedaunan hijau tak hanya dapat meningkatkan suasana hati tetapi juga membantu menurunkan kadar stres dan perasaan kecemasan.

"Ada alasan mengapa tumbuhan di dalma rumah telah menjadi tren beberapa tahun belakangan ini," jelas Lucy.

Tak perlu menjadi mahir untuk memelihara tanaman di rumah. Ada beberapa jenis tanaman yang tak membutuhkan banyak perawatan dan dapat menjadi opsi ideal bagi pemula.

Penuh Warna

Psikologi di balik warna merupakan sesuatu yang nyata. Warna hijau sage misalnya, dikenal karena memberikan perasaan tentram atau hening.

Lucy mengatakan ada beberapa warna yang jelas berkaitan dengan emosi tertentu. Sebagai contoh, lanjut Lucy, warna merah berkaitan dengan bahaya, kuning berkaitan dengan kecerahan dan kehangatan, serta biru berkaitan dengan perasaan tenang.

Dampak dari warna terhadap perasaan bisa berbeda pada tiap orang. Oleh karena itu, Lucy menyarankan agar orang-orang mengikuti kata hatinya dalam memilih warna yang sesuai dengan diri mereka.

"Gunakan warna-warna yang Anda tahu dapat membawa perasaan ketenangan, tetapi juga perasaan gembira yang mana itu sama pentingnya," pungkas Lucy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement