Kamis 19 Aug 2021 15:53 WIB

Pria AS Sadari Kanker Tiroid Berkat Kejelian Pengguna TikTok

Pengguna TikTok melihat adanya benjolan di leher seorang pria asal AS.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pria asal Amerika Serikat pemilik akun TikTok Seattle Tech Bro selama ini tak menyadari ada benjolan di lehernya.
Foto:

Singkatnya, setelah beberapa kali menjalani tes dan semacamnya, Mankad didiagnosis kanker oleh dokter. Dia menyetujui untuk mengangkat bagian yang bersifat kanker.

Di video terbarunya, Mankad menunjukkan plester yang menutupi bagian bawah tenggorokan sebagai bekas operasi yang telah dijalaninya. Pria muda itu juga mengatakan, dirinya tidak bisa mengunggah video untuk sementara waktu karena sedang dalam masa pemulihan.

Mankad mengatakan, rasanya masih sakit untuk berbicara. Namun, dia tetap menyampaikan terima kasih kepada para penggemarnya di video yang baru diunggahnya.

Kelenjar tiroid ditemukan di pangkal leher di bagian depan, tepat di belakang lubang tempat tulang selangka bertemu. Ini adalah semacam kelenjar berbentuk kupu-kupu yang membuat dan melepaskan hormon pengatur detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan berat badan.

Kanker tiroid biasanya tidak menunjukkan tanda atau gejala pada awal penyakit. Biasanya, kanker ditemukan ketika pasien menjalani USG, CT scan, atau MRI untuk alasan yang tidak terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement