Kamis 19 Aug 2021 01:47 WIB

5 Hal yang tak Disangka Bisa Merusak Liver

Kerusakan liver (hati) bisa disebabkan oleh sejumlah faktor.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Di dalam tubuh, liver terletak di bagian kanan atas perut dan terlindungi oleh tulang rusuk.
Foto:

Terlalu banyak vitamin A dari suplemen

photo
Suplemen vitamin A (ilustrasi) - (Flickr)

Tubuh membutuhkan asupan vitamin A. Tak ada masalah bila vitamin ini didapatkan dari konsumsi makanan seperti buah dan sayur segar.

Akan tetapi, asupan vitamin A yang terlalu banyak atau berdosis tinggi dari suplemen bisa berdampak buruk bagi hati. Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin A, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena tidak semua orang membutuhkan suplemen ini.

Soda

photo
Minuman soda, salah satu minuman dengan kalori dan kadar gula tertinggi. - (AP)

Menurut penelitian, individu yang meminum banyak soda memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami penyakit perlemakan hati non alkoholik (NAFLD). Penelitian ini tidak menunjukkan bahwa soda merupakan penyebab langsung dari NAFLD. Akan tetapi, soda dikenal sebagai minuman tinggi gula, dan asupan gula yang berlebih bisa berdampak kurang baik bagi hati. Oleh karena itu, memangkas atau menghindari minuman soda merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

Asetaminofen

photo
Obat pereda nyeri (Ilustrasi) - (Pixabay)

Asetaminofen atau parasetamol merupakan obat populer yang kerap digunakan sebagai pereda nyeri, seperti sakit kepala hingga nyeri punggung. Akan tetapi, pastikan asetaminofen tidak dikonsumsi terlalu banyak.

Terlalu banyak konsumsi asetaminofen dapat memberikan pengaruh kurang baik bagi hati. Sebelum mengonsumsi asetaminofen, cek terlebih dahulu dosis yang dianjurkan dan batasan dosis dalam mengonsumsi asetaminofen. Ikuti panduan tersebut agar terhindar dari risiko kerusakan hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement