Sabtu 14 Aug 2021 07:48 WIB

Kelelahan dan Sakit Kepala Jadi Gejala Long Covid Anak

Anak pengidap long Covid juga mengeluhkan pusing dan masalah kognitif.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Siluet seorang anak yang kelelahan (Ilustrasi). Long Covid pada anak ditandai dengan kelelahan, sakit kepala, pusing, hingga keluhan kognitif.
Foto:

Klinik tersebut telah merawat sekitar 20-30 pasien Covid-19 yang berusia di bawah 21 tahun, namun jumlah anak yang menunggu perawatan masih bertambah. Pasien yang mengalami perbaikan menerima beberapa terapi dan mengikuti rencana perawatan berdasarkan penilaian awal dan berkelanjutan.

photo
Gejala Long Covid dipicu juga oleh kondisi psikologis pasien - (Republika)

Para ahli mengatakan, tidak jelas apakah varian delta menyebabkan penyakit Covid-19 yang lebih parah di antara anak-anak. Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka di negara itu, mencatat bahwa varian delta sangat menular, yang akan mengakibatkan infeksi tambahan dan rawat inap di antara anak-anak.

"Tidak ada keraguan bahwa ada lebih banyak anak yang terinfeksi," kata Fauci saat memberikan pengarahan di Gedung Putih, Kamis (12/8).

Soal tingkat keparahan penyakit, Fauci menyebut, ada beberapa penelitian, sebagian besar internasional, yang mengindikasikan varian delta lebih parah pada orang dewasa. Varian delta menyebabkan persentase rawat inap yang lebih banyak dan penyakit yang lebih parah.

"Berkenaan dengan anak-anak, ini mungkin saja terjadi, tetapi kami tidak melihat ini secara pasti. Satu-satunya hal yang kami tahu pasti adalah bahwa lebih banyak infeksi berarti lebih banyak anak akan dirawat di rumah sakit," jelas Fauci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement