Jumat 13 Aug 2021 14:34 WIB

Lansia dengan Komorbid Boleh Divaksinasi, Apa Syaratnya?

Nadia menyebut, tak betul bahwa lansia dengan komorbid tidak bisa divaksinasi.

Vaksinasi Covid-19 warga lanjut usia (lansia) di SDN 053 Cisitu, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung, Senin (9/8). Banyak hoaks yang membuat lansia berpikir bahwa penderita komorbid tak bisa divaksinasi.
Foto:

Nadia mengingatkan pentingnya lansia bisa mendapatkan vaksin seiring sistem daya tahan tubuhnya yang tak sekuat dan secepat orang muda melawan virus, akibat penuaan. Belum lagi penyakit komorbid yang umum pada lansia.

"Sistem (imun) yang berproses lebih lambat (akan lebih lambat mengenali virus penyebab Covid-19), maka itu perlu adanya vaksinasi untuk membantu melatih sistem imun supaya lebih cepat, siap, tanggap, kalau nanti betul-betul terkena Covid-19," ujar Nadia.

Hal senada diungkapkan dokter yang juga Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Tingkat Pusat & Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dr. Reisa Broto Asmoro. Dia menuturkan, setiap orang tak hanya lansia perlu memahami kondisi dirinya. Saat kondisinya sehat, maka dia boleh-boleh saja divaksin.

Dari sisi efektivitas vaksin, dalam kesempatan itu, Direktur PT AstraZeneca Indonesia, Rizman Abudaeri, mengatakan, merujuk data dari Skotlandia dan Inggris, vaksin AstraZeneca mampu mencegah rawat inap pada lansia dengan usia lebih dari 80 tahun dan komorbid sekitar 80 persen. Temuan studi juga memperlihatkan, efek samping dosis kedua vaksin AstraZeneca pada lansia lebih ringan ketimbang saat suntikan pertama.

Rizman menyebut, efikasi vaksin AstraZeneca baik. Menurutnya, lansia sebaiknya tidak perlu takut disuntik vaksin mengingat manfaatnya untuk melindungi mereka dan masyarakat pada umumnya dari Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement