Senin 09 Aug 2021 16:27 WIB

Sulit Bedakan Kosmetik Kedaluwarsa? Ini Cirinya

Memakai kosmetik kedaluwarsa berpotensi alami masalah kesehatan serius.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Memakai kosmetik kedaluwarsa berpotensi alami masalah kesehatan serius.
Foto: Pixabay
Memakai kosmetik kedaluwarsa berpotensi alami masalah kesehatan serius.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengabaikan tanggal kedaluwarsa kosmetik bisa berbahaya dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan serius. Apabila makeup sudah lewat dari tanggal yang tertera, ada baiknya segera membuangnya.

Dalam beberapa kasus, bisa jadi tanggal kedaluwarsa pada kemasan hilang atau tak terbaca. Jika begitu, pakai pedoman berikut untuk mengetahui apakah kosmetik masih layak pakai atau tidak, dikutip dari laman Marie Claire, Senin (9/8).

Baca Juga

Foundation dan concealer

Masa pakai foundation dan concealer sangat bergantung pada bahan dasarnya. Produk berbahan dasar air biasanya tahan sampai 12 bulan, sementara yang berbahan dasar minyak tahan 18 bulan.

Tanda-tanda kedua produk sudah kedaluwarsa adalah jika kandungan minyak dalam produk naik ke atas serta konsistensi yang mengental tak wajar. Lebih baik buang produk karena hasil akhirnya tak akan optimal lagi.

Bedak dan perona pipi

Waktu yang disarankan untuk menyimpan produk ini adalah 18 bulan. Ahli kimia kosmetik Ni'Kita Wilson mengatakan, memakai bedak dan perona pipi kedaluwarsa bisa menyebabkan lapisan abu-abu kusam pada kulit.

Tanda produk tak layak pakai adalah jika ada bagian yang menggumpal atau mengeras. Dia menyarankan memilih produk bedak dan perona pipi yang mengandung ekstrak botani seperti lidah buaya, ekstrak teh hijau, dan kamomil.

 

Maskara

Maskara punya masa kedaluwarsa singkat, yakni tiga bulan jika sering dipakai dan enam bulan jika jarang dipakai. Sebaiknya tidak menyimpan maskara terlalu lama karena produk yang basah mudah terkontaminasi bakteri.

Jika aromanya sudah tidak enak, segera buang maskara. Mungkin menyedihkan membuang produk dalam waktu singkat, tetapi itu lebih baik mengingat efeknya. Perlu diketahui, bakteri secara alami ada di bulu mata dan berpotensi berpindah dari mata ke dalam produk lalu menetap di sana.

Eyeliner

Produk ini lebih tahan lama, yakni antara tiga bulan sampai tiga tahun tergantung formulanya. Eyeliner cair punya masa kedaluwarsa seperti maskara, sementara yang berbentuk pensil bisa lebih tahan lama.

Kurangi kontaminasi kuman pada eyeliner cair dengan membersihkan ujungnya setiap kali selesai digunakan. Untuk eyeliner berbentuk pensil, pastikan membersihkan rautan secara teratur dengan kapas dan alkohol.

 

Pemulas bibir

Lipstik, lip cream, dan lip gloss bisa bertahan dalam rentang waktu 12-18 bulan. Jika tercium ada aroma kurang sedap, terlihat gumpalan lembap, atau tekstur berkapur, berarti sudah waktunya untuk membuang produk.

Kuas makeup

Kuas makeup memang tak punya tanggal kedaluwarsa, tapi segera ganti jika bulu-bulunya mulai rontok. Kuas makeup sebaiknya dicuci minimal dua pekan sekali menggunakan air hangat, sabun, dan sedikit minyak zaitun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement