Rabu 19 Sep 2018 12:45 WIB

Waktu Tepat Ganti Produk Kosmetik

Produk kosmetik yang kedaluwarsa bisa menyebabkan infeksi kulit.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Kosmetik
Foto: Republika/Prayogi
Kosmetik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap produk memiliki batas umur simpan atau kedaluwarsa yang harus diperhatikan penggunanya, termasuk produk kosmetik. Harga yang mahal atau sisa pemakaian yang masih banyak bukan alasan untuk tetap menyimpan produk kosmetik hingga lewat batas masa pakainya.

Menggunakan produk kosmetik setelah lewat masa kedaluwarsanya akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah, bahkan bisa berujung infeksi parah. Beberapa produk kosmetik yang kedaluwarsa juga bisa menyebabkan permasalahan kulit seperti jerawat.

Baca Juga

Berikut panduan standar usia simpan produk kosmetik dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

Alas bedak

Alas bedak atau foundation adalah produk kosmetik yang wajib digunakan sebelum mengaplikasikan bedak. Sebelum mengoleskan pada wajah, pastikan jari atau kuas Anda bersih karena aplikator yang kotor berpeluang membuat foundation menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Para ahli kecantikan menganjurkan rutin mengganti foundation setiap enam bulan sekali. Untuk menjaga kesterilan, pilih alas bedak dalam kemasan botol pompa.

Pelembab

Penggunaan pelembab atau moisturiser pada dasarnya sama dengan alas bedak. Satu-satunya perbedaan yaitu pelembab menyerap ke dalam pori-pori sehingga bisa menghidrasi kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan aplikator, baik jari atau kuas, sebelum mengoleskannya ke wajah. Gantilah produk pelembab setiap enam bulan sekali agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Tabir Surya

Tujuan utama dari penggunaan tabir surya atau sunscreen adalah untuk menjaga kulit dari sinar UV dan kondisi cuaca yang membahayakan. Sebaiknya selalu rajin memeriksa tanggal kedaluwarsa dan hentikan pemakaian beberapa hari sebelum jatuh tanggal kedaluwarsa.

Perona pipi

Perona pipi atau produk blush on tabur sebaiknya rutin diganti setiap delapan bulan sekali. Pengguna harus selalu memperhatikan kondisi perona pipi karena produk ini akan diaplikasikan di area wajah yang cukup sensitif seperti pipi atau bayangan pada mata. Bersihkan kuas dandan agar bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Lipstik

Simpan lipstik di temoat yang sejuk dan kering agar produk ini bisa dipakai lebih lama. Pengguna harus segera mengganti lipstiknya setelah penggunaan satu tahun. Penggunaan lipstik kedaluwarsa sangat berbahaya. Selain bisa merusak bibir, kandungannya rentan tertelan dan bisa menganggu perut.

Eyeliner dan Maskara

Karena diaplikasi di area sekitar mata, sangat penting untuk selalu memperhatikan masa kedaluwarsa eyeliner dan maskara. Waktu yang sempurna untuk mengganti eyeliner cair adalah setiap sembilan dan eyeliner pensil setelah penggunaan satu tahun.

Sementara itu, maskara memiliki waktu ganti yang lebih cepat yaitu setiap empat bulan. Bagi Anda yang memiliki mata sensitif atau infeksi mata akan lebih aman untuk tidak mengaplikasikannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement