Senin 09 Aug 2021 15:50 WIB

6 Cara Cegah Brain Fog di Masa Pandemi

'Brain fog' juga disebut sebagai salah satu gejala long covid.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Brain fog merupakan salah satu gejala long Covid yang paling sering terjadi.
Foto:

Kurangi Distraksi

Saat sedang relaksasi dan beristirahat, jauhi ponsel dan hal-hal lain yang bisa mendistraksi. Rebecca juga merekomendasikan untuk memindahkan barang yang dapat mendistraksi ke tempat yang mudah terjangkau.

Minum dan Tidur yang Cukup

Kurang tidur yang terjadi secara konsisten dapat dengan mudah memicu terjadinya brain fog. Ahli gizi Ellie Busby menganjurkan agar orang dewasa dapat tidur sekitar 7-8 jam per malam. Busby juga menganjurkan konsumsi air putih minimal 1,5 liter per hari untuk membantu menghindari brain fog.

Analisis Pola Makan

Hal lain yang dianjurkan Busby untuk mencegah brain fog adalah memantau pola makan sehari-hari. Hal ini bisa dilakukan dengan mencatat beragam makanan yang dikonsumsi melalui aplikasi pemantau pola makan atau di atas kertas. Melalui cara ini, seseorang bisa dengan mudah mengenali kekurangan pada pola makannya.

Busby juga menganjurkan suplementasi B12 dan yodium setiap hari untuk orang-orang yang menerapkan diet vegan atau vegetarian. Individu dengan kadar feritin yang rendah perlu memperhatikan kecukupan asupan zat besi.

Relaksasi

Busby menganjurkan relaksasi untuk mencegah brain fog. Relaksasi bisa dilakukan dengan cara terlibat dalam aktivitas yang membuat rileks dan menurunkan kadar stres. Sebagian di antaranya adalah berjalan kaki, yoga, dan membaca.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement