Ahad 08 Aug 2021 12:40 WIB

IndisFest 2021 Gandeng New York Film Academy

Program IndisFest mengajak masyarakat Indonesia tetap bisa kreatif dan produktif

Rep: Santi Sopia/ Red: Gita Amanda
Industri film (ilustrasi). Program IndisFest mengajak masyarakat Indonesia tetap bisa kreatif dan produktif meski dari rumah.
Foto: www.freepik.com
Industri film (ilustrasi). Program IndisFest mengajak masyarakat Indonesia tetap bisa kreatif dan produktif meski dari rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh negara di dunia, hampir semua kegiatan ekonomi, pendidikan, dan hiburan terkena dampaknya. Film sebagai bagian dari industri hiburan juga mengalami masa sulit karena harus menghentikan sementara kegiatan produksi film dan operasional bioskop.

Menurut pendiri Infiskop sekaligus aktris Marcella Zalianty, jaringan bioskop Tanah Air harus menutup bioskop mereka sebagai imbas dari Covid-19. Karena itu, penting inisiatif untuk tetap produktif di masa pandemi Covid- 19.

Baca Juga

“Program IndisFest mengajak masyarakat Indonesia tetap bisa kreatif dan produktif meski dari rumah. IndisFest diharapkan dapat menjadi ruang virtual untuk menyebarkan energi kreatif, membangun optimisme, mengapresiasi industri film dan ekonomi,” kata Marcella, dalam keterangannya, Sabtu (7/8) lalu.

Dalam rangka inisiatif itu sekaligus menyambut hari Kemerdekaan RI, Indiskop kembali untuk kali kedua menyelenggarakan “Indiskop Festival 2021. ‘Indiskop Festival’ atau IndisFest adalah program tahunan dari Indiskop yang telah diinisiasi sejak 2020 dalam format online/virtual. Di tahun 2021 ini mengangkat tema festival “Filmku, Perjuanganku!”

IndisFest kali ini menggandeng dan bekerja sama dengan New York Film Academy (NYFA). Dan Mackler, Creative Strategy Officer dan Dekan NYFA, Kampus Los Angeles mengatakan sangat antusias untuk bekerja sama dengan ‘Indiskop Festival’ untuk membawa kelas instruktur profesional-nya ke pasar Indonesia. “Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia khususnya insan perfilman dapat mengembangkan bakat kreatif sehingga mereka dapat menceritakan kisah menarik mereka dan dengan kolaborasi bersama Indiskop kami berharap dapat menjangkau audiens penting masyarakat Indonesia,” tegas Dan Mackler.

Indiskop Festival 2021 membawa berbagai rangkaian program, di antaranya INDISCLASS, INDIS SHORT FILM COMPETITION, INDISSCREENING, dan INDISAWARD. Indiskop Festival 2021 akan menggelar malam penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap filmmaker muda.

Indiskop Festival diselenggarakan atas kerjasama Indiskop dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pegadaian, Telkom Indonesia, Bank Mandiri dan New York Film Academy. Rangkaian kegiatan ditargetkan bagi pegiat perfilman dan masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement