Jumat 06 Aug 2021 15:28 WIB

7 Pola Hidup Salah yang Dilakukan Lansia

Kebiasaan buruk bisa berimbas bagi kesehatan lansia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan buruk bisa berimbas bagi kesehatan lansia.
Foto:

5. Enggan asah otak

Menurut Alzheimer's Association, tidak ada kata terlambat untuk memulai aktivitas sosial dan mental yang mendorong kesehatan otak. Menjaga otak tetap tajam seiring bertambahnya usia bagi lansia punya banyak manfaat, termasuk mencegah demensia.

Caranya, keluarlah dari zona nyaman dan pelajari sesuatu yang baru. Bisa dengan menjajal hobi baru, mendalami keterampilan baru, bergabung dalam komunitas setempat, atau mengikuti kursus dan menempuh pendidikan formal.

6. Lalai atur pola makan dan pengobatan

Orang yang berusia di atas 60 tahun lebih mungkin mengalami komplikasi kesehatan kronis seperti diabetes tipe dua dan penyakit kardiovaskular. Pengidapnya tentu harus mengonsumsi sejumlah obat, termasuk insulin dan obat antikoagulan.

Kondisi demikian juga memerlukan perubahan dalam pola makan, yakni menghindari kelebihan gula dan natrium. Semua itu tidak boleh dilalaikan, baik pola makan maupun konsumsi obat, supaya tidak mengorbankan kondisi kesehatan.

 7. Terus merokok

Tidak sedikit lansia yang masih mempertahankan kebiasaan merokok. Padahal, menghentikan konsumsi nikotin itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Tekanan darah dan detak jantung akan turun, fungsi paru-paru meningkat, serta karbon monoksida dalam darah beranjak normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement