Kamis 05 Aug 2021 06:05 WIB

10 Kebiasaan yang Buat Hidup Lebih Produktif

Bagi banyak orang, tetap produktif sepanjang hari rasanya begitu berat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bagi banyak orang, tetap produktif sepanjang hari rasanya begitu berat.
Foto:

6. Jangan pakai alas kaki

Sebagian orang kerap menggunakan sandal atau bahkan sepatu meski di dalam rumah. Namun sayangnya, lebih sehat untuk berjalan tanpa alas kaki jika di rumah. Studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Public Health menemukan bahwa berjalan tanpa alas kaki terbukti bisa meningkatkan suasana hati, tidur lebih pulas, serta mengurangi peradangan dan nyeri kronis.

7. Dry brushing

Sebagai organ terbesar dalam tubuh, penting untuk merawat kulit. Dry brushing adalah proses menyikat kulit tubuh dalam keadaan kering menggunakan sikat yang lembut. Metode ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Dry brushing juga telah dikaitkan dengan efek kulit lebih bersih secara alami.

8. Tetapkan niat

Ketika Anda ingin keluar dari zona nyaman Anda dan memulai kebiasaan baru yang sehat, Anda harus terlebih dahulu memiliki niat yang kuat untuk melakukannya. Anda dapat menetapkan niat untuk setiap tindakan dalam hidup, misalnya sebelum makan, tetapkan niat untuk makan dengan penuh kesadaran.

9. Pakai tabir surya

Tabir surya tidak hanya untuk musim panas. Dermatologists merekomendasikan penggunaan tabir surya setiap hari karena menurut Indonesian Cancer Care Community, terdapat sekitar 6.170 kasus kanker kulit non-melanoma dan 1.392 kasus kanker kulit melanoma pada tahun 2018. Sinar UV bisa tembus meskipun Anda berada di dalam ruangan, dan itu pada akhirnya bisa menyebabkan kerutan dan penuaan dini.

10. Tulis catatan positif

Untuk membuat hidup terasa semangat dan produktif, penting juga untuk mengapresiasi diri sendiri dan bersyukur atas segala hal yang dirasakan setiap detiknya. Dengan menulis hal-hal positif, Anda akan terhindar dari stres dan lebih bersyukur dengan apa yang didapat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement