Kamis 05 Aug 2021 06:05 WIB

10 Kebiasaan yang Buat Hidup Lebih Produktif

Bagi banyak orang, tetap produktif sepanjang hari rasanya begitu berat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bagi banyak orang, tetap produktif sepanjang hari rasanya begitu berat.
Foto: PxHere
Bagi banyak orang, tetap produktif sepanjang hari rasanya begitu berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi banyak orang, tetap produktif sepanjang hari rasanya begitu berat. Apalagi selama pandemi dan beraktivitas dari rumah, tak ayal menimbulkan rasa jenuh, bosan, dan tidak bersemangat.

Namun begitu, ada cara sederhana yang bisa dilakukan selama 2 menit namun efektif membantu Anda produktif. Apa saja? Berikut daftarnya seperti dilansir dari The Ladders, Rabu (3/8).

Baca Juga

1. Ambil napas panjang

Melakukan napas panjang beberapa kali bisa membantu mengembalikan energi dan kefokusan Anda. Itu juga membantu merilis rasa cemas dan stres karena di rumah saja. Untuk melakukannya: tarik napas melalui hidung selama lima hitungan, tahan napas di perut, lalu hembuskan perlahan selama lima hitungan. Ulangi selama 10 kali tarikan napas.

2. Kunyah perlahan

Tidak hanya makanan bergizi, cara mengunyah juga harus diperhatikan. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik, bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kembung dan kurangnya penyerapan nutrisi. Para ahli menyarankan untuk mengunyah setidaknya 25 kali per gigitan. Mengunyah perlahan juga membantu Anda mencegah makan berlebih.

3. Minum air lemon hangat

Menyeruput air lemon hangat bisa memuaskan dahaga, mempersiapkan dan melancarkan sistem pencernaan, membantu detoksifikasi, serta memasok dosis vitamin C yang menghancurkan radikal bebas. Lemon mungkin terasa asam, tetapi sebenarnya bersifat basa, membantu tubuh mempertahankan keseimbangan pH yang ideal dan menetralkan radikal bebas yang membuat Anda tetap bersemangat.

4. Latihan mobilitas

Latihan mobilitas bisa membantu melumasi persendian agar tidak kaku, membantu sirkulasi dan membantu meningkatkan tingkat energi, serta meningkatkan fokus dan produktivitas. Untuk setiap jam duduk, lakukan setidaknya beberapa menit latihan mobilitas, seperti bergantian antara gaya punggung lengan dan lingkaran panggul.

5. Perbaiki postur

Bekerja atau sekolah dari rumah membuat kita lebih banyak duduk di atas kursi. Nah, memperbaiki postur tubuh saat duduk atau berdiri bisa membuat tubuh rileks, memastikan otot dan jaringan teroksigenasi dengan baik, serta menerima nutrisi untuk fungsi yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement