Rabu 04 Aug 2021 19:25 WIB

Rontgen Paru Pasien Covid-19 Ungkap Pentingnya Vaksinasi

Vaksinasi dapat melindungi paru pasien Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Perbandingan kondisi paru pasien Covid-19 yang belum divaksinasi dengan yang sudah divaksinasi.
Foto:

Dokter mengatakan, pasien Covid-19 cenderung mengalami sesak napas terus-menerus, bahkan setelah mereka pulih. Sebagian besar dari mereka yang menderita sindrom pernapasan akut parah (SARS) mengalami sesak napas selama satu bulan setelah infeksi, dan ini kemungkinan sama untuk pasien Covid-19.

Peneliti menyebutkan, seorang perempuan sehat berusia 20-an membutuhkan transplantasi paru setelah SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19, membuat organ pernapasannya tampak seperti 'burger busuk'. Pasien, yang tidak disebutkan namanya tersebut, menggunakan ventilator dan mesin jantung-paru selama hampir dua bulan sebelum operasinya tahun lalu.

Ahli bedah di Northwestern Memorial Hospital di Chicago mengatakan, Covid-19 telah membuat paru-parunya penuh lubang dan hampir menyatu dengan dinding dada. Sekarang diketahui bahwa penyakit mematikan ini dapat memiliki dampak jangka panjang bagi kesehatan pasien.

Covid-19 dapat menyebabkan kerusakan permanen pada seluruh tubuh penyintas. Efeknya bukan hanya pada paru, tetapi juga organ vital dan sistem tubuh lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement