Kamis 29 Jul 2021 08:33 WIB

Jadwal Vaksinasi untuk Beragam Kondisi Penyintas Covid-19

Penyintas juga tetap perlu menjalani vaksinasi Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi Covid-19. Penyintas perlu divaksinasi karena belum diketahui secara pasti berapa lama imunitas alami yang terbentuk setelah infeksi Covid-19 dapat bertahan.
Foto:

Beberapa studi menunjukkan bahwa vaksinasi dapat memberikan tambahan perlindungan yang kuat bagi para orang yang sudah sembuh dari Covid-19. Akan tetapi, penyintas Covid-19 juga perlu memerhatikan jeda waktu antara jadwal vaksinasinya dengan masa di mana mereka sakit.

photo
Vaksinasi Covid-19 anak usia 12-17 tahun. - (Republika)

Penyintas Covid-19 yang pernah dirawat dengan terapi plasma konvalesen atau antibodi monoklonal perlu menunggu 90 hari sebelum mendapatkan vaksin Covid-19. Mereka sebaiknya bicara dengan dokter bila tidak yakin mengenai terapi apa saja yang pernah diterimanya.

Penyintas Covid-19 yang memiliki riwayat sindrom peradangan multisistem pada orang dewasa (MIS-A) atau sindrom peradangan multisistem pada anak (MIS-C) juga perlu memerhatikan jadwal vaksinasi mereka. Kelompok ini sebaiknya menunda vaksinasi sampai benar-benar pulih dari sakit dan sudah melewati 90 hari sejak terdiagnosis dengan MIS-A atau MIS-C.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement