Kamis 22 Jul 2021 21:46 WIB

Berapa Kadar Saturasi Oksigen yang Normal?

Banyak orang yang saturasi oksigennya rendah kesulitan mendapatkan tabung oksigen.

Rep: Adysha Citra Ramadani, Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Dengan pulse oximeter, orang yang menjalani isolasi mandiri dapat mengukur kadar saturasi oksigennya.
Foto:

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Pusat, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc SpP(K) menjelaskan, saturasi oksigen 93 persen atau di bawahnya adalah batas kewaspadaan untuk segera mendapatkan suplementasi oksigen. Alih-alih mencari tabung oksigen yang sulit didapat, ia merekomendasikan untuk ke puskesmas terdekat yang merawat pasien Covid-19.

Berdasarkan pengalamannya, Erlina melihat, banyak sekali pasien dengan saturasi oksigen 93 persen begitu datang kemudian diberikan oksigen dua persen per menit saja sudah kembali di atas normal saturasinya, yakni di atas 95 persen.

"Jangan berbondong-bondong ke rumah sakit, justru dirumah sakit tidak ada tempat. Titik oksigen juga tidak cukup. Jadi cari yang terdekat dan paling dekat adalah puskesmas," ujar Erlina dalam sebuah diskusi kesehatan, beberapa waktu lalu.

photo
Dokter menggunakan pulse oximeter untuk memeriksa saturasi oksigen pasien Covid-19 di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 13 Februari 2020. Pulse oximeter perlu dimiliki andaikan ada anggota keluarga yang bergejala Covid-19 ringan dan melakukan isolasi mandiri. - (EPA)

Lantas apa yang harus dilakukan jika suplementasi oksigen belum didapat? Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi, menyarankan agar masyarakat mengantisipasinya terlebih dahulu dengan melakukan posisi tengkurap (prone position).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement