Kamis 22 Jul 2021 19:11 WIB

Oliver Stone 4 Kali Disuntik Vaksin, Sputnik V dan Pfizer

Oliver Stone mendapatkan vaksin Sputnik V dan Pfizer masing-masing dua dosis.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan sutradara asal AS Oliver Stone (kanan). Stone yang sudah divaksinasi dengan Sputnik V di Rusia menerima vaksin Pfizer saat pulang ke Amerika.
Foto:

Para peneliti di balik Sputnik V mengklaim vaksin mereka memiliki tingkat kemanjuran 91,6 persen. Sementara suntikan Pfizer menunjukkan kemanjuran 95 persen dalam uji coba fase III, dan tampaknya memiliki tingkat 100 persen untuk mencegah rawat inap dan kematian.

Saat mendapatkan vaksin Sputnik V, Stone menyebut, pemerintah negaranya gila karena tidak memercayai vaksin Rusia. Menurutnya, AS juga tak berpikiran terbuka karena menganggap Rusia dan China sebagai musuh. Sebaliknya, Stone melihat Rusia sebagai mitra negara maju.

Stone mendapatkan vaksin Sputnik V meskipun sebenarnya usianya sudah melebihi batas maksimum penerima vaksin. Penulis skenario film Midnight Express tersebut sudah berusia 74 tahun, sementara rekomendasi usia maksimal penerima vaksin di Rusia adalah 60 tahun karena ada kekhawatiran vaksin bisa berbahaya bagi orang yang lebih tua.

Kisah tentang Edward Snowden yang dirilis pada 2016 berjudul Snowden menjadi film fitur terakhir yang diarahkan Stone. Film itu dibintangi Joseph Gordon-Levitt sebagai tokoh utama. Dia belum lama ini menyutradarai film dokumenter John F. Kennedy berjudul JFK Revisited: Through the Looking Glass.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement