Selasa 20 Jul 2021 09:57 WIB

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Saat Isoman di Rumah

Banyak langkah menuju sehat selama menjalankan program Isoman.

Warga memberikan paket makanan untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Jalan Gunung Batu, Sukaraja, Kota Bandung.
Foto:

 

Lapor RT

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Asmoro menyampaikan tips apabila hasil tes dinyatakan positif tapi tidak merasakan gejala serius yang membutuhkan bantuan medis atau tanpa gejala sama sekali. Ia membenarkan bahwa seseorang yang tidak bergejala serius tersebut bisa melakukan isolasi mandiri.

Harus diingat pula bahwa isolasi mandiri bukan berarti pasien sendirian tanpa bantuan orang lain. Isolasi boleh mandiri tetapi sembuh kembali negatif COVID-19 tidak harus sendiri.

Isoman perlu melibatkan orang-orang sekitar agar terpantau dengan baik. Langkah selanjutnya, disarankan untuk segera lapor ke Ketua Rukun Tetangga (RT) atau Ketua Rukun Warga (RW) atau satgas setempat. Sebab mereka yang akan mendata dan membantu untuk melaporkan ke Puskesmas terdekat.

dr Reisa mengatakan, setelah hasil tes didapat, segera membuka kontak dengan dokter dari pelayanan jasa kesehatan daring atau telemedis yang akan memandu dan memberi saran selama masa isoman. Saat ini, bagi masyarakat di Jabodetabek karena sudah ada 11 penyedia jasa layanan telemedis yang selalu siap memberikan konsultasi bahkan obat-obatan dan vitamin gratis karena sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Reisa menekankan pentingnya untuk memilih lokasi isolasi mandiri yang terpisah dan tidak memungkinkan kontak dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu harus dipastikan ruangan bersih, ventilasi, dan sirkulasi udara tempat isoman selalu baik.

Hal yang juga penting yakni menggunakan alat makan dan alat mandiri pribadi. Bahkan perlengkapan ibadah pun jauh lebih baik bila menggunakannya sendiri.

Selanjutnya pastikan agar persediaan vitamin dan suplemen lainnya mencukupi dan sudah ada izin Badan POM. Penting pula untuk selalu berkonsultasi dan meminta resep dokter apabila perlu obat-obatan lainnya.

Pelaku isoman juga harus banyak minum air matang dan bersih atau air mineral agar tidak dehidrasi dan mengonsumsi hanya makanan bergizi seimbang. Dengan langkah-langkah pintar tersebut maka isoman akan menjadi cara terbaik untuk segera pulih dari COVID-19.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement