Jumat 09 Jul 2021 05:00 WIB

Dokter AS Bantu Angkat Tumor Pasien Anak Etiopia

Jika tak diangkat, tumor itu bisa mematikan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Foto kiri memperlihatkan Nagalem Alafa sebelum menjalani operasi pengangkatan tumor di wajahnya. Foto sebelah kanan memperlihatkan kondisinya setelah operasi.
Foto:

Apabila saraf dan arteri ada yang tidak sengaja terputus dapat menyebabkan kelumpuhan, kehilangan darah yang parah, dan kematian. Waner bersyukur operasinya sukses, karena prosedurnya merupakan salah satu yang paling rumit yang pernah dia dan istrinya lakukan.

"Pada skala satu sampai 10, ini adalah 12. Operasi jenis ini sangat sulit, sangat berbahaya, dan tentu saja mengancam jiwa. Kami menjelaskan apa yang akan terjadi pada ayah anak itu. Ada kemungkinan tidak akan berhasil," ungkap Waner.

Setelah ini, Alafa masih harus menjalani beberapa prosedur penyembuhan dan satu operasi kecil. Terlepas dari itu, keluarganya bisa bernapas lega. Setelah operasi sukses dan Alafa didorong keluar dari ruang operasi, sang ayah langsung berlutut dan mengucap syukur kepada Tuhan.

Pria bernama Matios Alafa Haile itu juga sangat berterima kasih kepada para dokter. Selama ini, dia kebingungan mencari penanganan untuk putrinya. Setelah operasi, sang ayah mengatakan kondisi putrinya berubah drastis.

"Dia bermain, menikmati segalanya. Ada perubahan besar, dia berbeda," kata Haile.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement