Rabu 07 Jul 2021 15:57 WIB

Tanda Gigi Anda Butuh Ditambal

Penambalan gigi bisa mencegah Anda mengalami masalah gigi lebih besar kemudian hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda gigi Anda butuh ditambal (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tanda gigi Anda butuh ditambal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi gigi yang bermasalah bisa membuat hari-hari Anda menjadi tidak nyaman. Menjaga kesehatan gigi maupun mengobatinya dapat menjadi solusi memperbaiki masalah. 

Salah satu cara memperbaiki kondisi gigi yaitu dengan melakukan tambalan gigi. Tambalan gigi adalah restorasi gigi yang bertujuan menghilangkan pembusukan dan memperbaiki gigi. Jika kerusakannya cukup parah, seseorang biasanya memerlukan saluran akar dan penutup.

Tambalan gigi membantu dokter gigi memperbaiki gigi berlubang, sehingga tidak menimbulkan masalah gigi yang lebih besar pada kemudian hari. Sakit gigi mungkin merupakan tanda paling umum bahwa orang memerlukan penambalan gigi.

Namun, kepekaan terhadap suhu tertentu atau makanan manis juga merupakan indikator bahwa orang memerlukan tambalan gigi. Berikut beberapa kondisi yang menandakan seseorang membutuhkan tambalan gigi, dikutip laman Monitor.co, Rabu (7/7):

1. Bintik-bintik gelap pada gigi bisa menjadi tanda masalah. Ini disebabkan oleh kerusakan gigi atau rongga dan cedera pada gigi yang terkena.

2. Lubang gigi yang dapat Anda lihat atau rasakan mengartikan bahwa Anda memerlukan beberapa tambalan untuk menutupinya.

3. Makanan selalu tersangkut di gigi Gigi yang sehat tidak mungkin memiliki makanan yang tersangkut. Jika Anda mengalami masalah ini, maka Anda perlu ke dokter gigi.

4. Ketika benang Anda robek di tempat tertentu.

5. Gigi yang kasar, terkelupas, atau patah.

6. Gigi rusak atau hilang.

7. Gigi yang patah juga dapat diperbaiki untuk memperlambat atau bahkan mencegah kerusakan lebih lanjut.

8. Keausan gigi, di mana bertambahnya usia, gigi seseorang akan aus (susut karena tergosok). Saat keausan terjadi, tepi gigitan yang rata menjadi gelap dan membuat gigi terlihat tidak bagus dilihat. Keausan juga bisa disebabkan oleh gertakan gigi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement