Rabu 07 Jul 2021 11:51 WIB

Jeruk Miliki Banyak Manfaat untuk Imunitas

Disarankan mengonsumsi setidaknya 100 gram jeruk setiap hari.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Jeruk (ilustrasi)
Foto: mehr
Jeruk (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada masa pandemi Covid-19, setiap orang harus menjaga kesehatan tubuh seperti konsumsi makanan yang bergizi dan teratur. Makanan bergizi bisa berasal dari buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin dan bisa meningkatkan imunitas di dalam tubuh.

"Bisa konsumsi buah jeruk. Buah tersebut adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan antioksidan kuat, melawan radikal bebas dalam darah sehingga mengurangi stres oksidatif," kata kepala ahli diet di NephroPlus, Apeksha Ekbote, dikutip dari laman indianexpress.com pada Rabu (7/7).

Dia mengatakan, buah jeruk adalah penguat kekebalan karena dapat membantu menghilangkan benda asing yang menyerang sistem manusia dalam bentuk bakteri dan virus. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Nanas, jeruk nipis, lemon, kiwi, jambu biji juga kaya akan vitamin C. Ekbote mengatakan, vitamin C sangat penting bagi tubuh karena mendukung fungsi seluler dari sistem kekebalan bawaan dan adaptif. "Virus Covid-19 merupakan benda asing yang bila diserang dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga menurunkan kekebalan seseorang. Vitamin C membantu merangsang pembentukan antibodi," kata dia.

Penelitian menunjukkan, untuk infeksi parah termasuk sepsis, trauma, dan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), pengobatan vitamin C intravena dosis tinggi terbukti secara signifikan memperbaiki gejala pada pasien.

"Karena itu, disarankan mengonsumsi setidaknya 100 gram buah jeruk setiap hari, baik selama dan pasca-Covid-19, untuk mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan dan meningkatkan kekebalan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement