Ahad 04 Jul 2021 00:46 WIB

Ketika Saturasi Rendah, Ke Mana Harus Mencari Bantuan?

Banyak orang yang saturasi oksigennya rendah kesulitan mendapatkan tabung oksigen.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Tabung oksigen. Orang positif Covid-19 dengan saturasi oksigen di bawah 93 persen, mengalami sesak napas, serta dengan gejala Covid-19 sedang dan berat disarankan mencari rumah sakit atau puskesmas terdekat yang masih memiliki pasokan oksigen medis.
Foto:

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi, menyerukan masyarakat agar tidak menyetok tabung oksigen. Ia mengingatkan bahwa yang membutuhkan tabung oksigen hanyalah orang yang saturasi oksigennya kurang dari 95 persen.

Siti meminta masyarakat untuk mengakses fasilitas pelayanan kesehatan alih-alih membeli sendiri tabung oksigen. "Walau kondisi saat ini instalasi gawat darurat (IGD) mungkin penuh. Tapi, dengan lebih cepat ke rumah sakit (maka) ada waktu untuk tenaga kesehatan memberikan perawatan," katanya.

Bagaimana jika bantuan medis belum didapatkan? Nadia menyarankan agar masyarakat mengantisipasinya terlebih dahulu dengan melakukan posisi tengkurap (prone position).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement