Sabtu 03 Jul 2021 00:26 WIB

Vitamin dan Obat Pereda Gejala Ringan Covid-19

OTG dan orang positf Covid-19 gejala ringan dapat menjalani isoman di rumah.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen Vitamin C (ilustrasi). Orang positif Covid-19 bergejala ringan dianjurkan mengonsumsi vitamin C, B, E, serta Zinc.
Foto:

Khusus untuk gejala ringan, suplemen vitamin D direkomendasikan dosisnya 400-1000 IU/hari. Sediaan vitaminnya bisa berupa tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet kunyah, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk, atau sirup.

Untuk obatnya, menurut Heidy, dokter bisa meresepkan Azitromisin 1x500 mg selama lima hari jika diperlukan. Lalu, antivirus Oseltamivir (Tamiflu) 2x75 mg (5-7 hari) dan Favipiravir (Avigan) 2x600 mg (5 hari) diberikan terutama bila diduga ada infeksi influenza.

"Selanjutnya dapat diberikan terapi simtomatik, pengobatan komorbid, dan obat suportif lainnya," jelas dia.

Sedangkan untuk monitoring keadaan kritis, mulai dari gagal napas atau acute respiratory distress syndrome (ARDS), PDPI menyarankan penggunaan ventilator mekanik yang bisa didapat di fasilitas kesehatan.

"Untuk alternatif jika tidak ada, posisikan pasien sadar dalam posisi tengkurap (awake prone position). Jika belum berhasil juga, akan diinisiasi dengan pemberian ventilator, sesuai kebutuhan pasien," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement