Jumat 02 Jul 2021 06:05 WIB

3 Gerakan Olahraga Bermodalkan Kursi di Rumah

Berolahraga penting bagi individu yang ingin menurunkan berat badan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Berolahraga penting bagi individu yang ingin menurunkan berat badan.
Foto: www.freepik.com.
Berolahraga penting bagi individu yang ingin menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berolahraga penting bagi individu yang ingin menurunkan berat badan. Namun di tengah pandemi Covid-19 alih-alih massa lemak yang turun malah aktivitas fisik yang kian terjun bebas. Bagi yang memiliki alat penunjang seperti treadmill mungkin masih bisa berolahraga, tapi bagi yang tidak punya alat bagaimana menyiasatinya?

Spesialis Kedokteran Olahraga Slim + Health, Sports Therapy, Dr Michael Triangto, mengatakan bahwa olahraga bisa dilakukan di mana saja bahkan tanpa alat khusus sekalipun. Jika sedang menerapkan pembatasan sosial, Anda bisa melakukan olahraga dengan memanfaatkan barang-barang di rumah seperti kursi.

Baca Juga

Dalam talkshow “Mau Turun BB, Haruskah Olahraga?” di Instagram Live pada akir pekan lalu, Dr Michael memberikan tiga contoh gerakan olahraga bermodalkan kursi, yang bisa dipraktikkan oleh siapapun dari rumah.

1. Double knee lift

Untuk melakukan gerakan ini, duduklah dengan tegak di atas kursi, sambil kedua tangan berpegangan pada kedua sisi kursi. Lalu angkat kedua lutut kaki hingga ke dada. Lakukan secara berulang. Menurut Dr Michael, gerakan ini sangat ampuh untuk membakar lemak di area perut.

2. Push up

Gerakan selanjutnya adalah push up. Pada dasarnya gerakan ini sama dengan push up yang dilakukan di atas lantai. Jadi simpan kedua tangan pada pegangan kursi, lalu angkat tubuhmu ke atas dan kembali ke bawah. Lakukan gerakan push up secara berulang.

3. Triceps dips

Pastikan Anda tidak menggunakan kursi tanpa roda. Lalu miringkan tubuh sambil membelakangi kursi, dan kedua tangan memegang ujung kursi, sementara kaki menempel kuat di lantai. Tekuk siku dan turunkan tubuh Anda, luruskan lengan dan angkat tubuh ke posisi semula, lakukan secara berulang.

“Gerakan ini bisa dicoba bilamana kita ingin melatih lengan, yang biasanya ibu-ibu bilang lengannya bergelampir kayak bendera. Silakan coba gerakan ini, untuk membakar lemak di lengan,” kata Dr Michael.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement