Rabu 30 Jun 2021 13:59 WIB

5 Cara Mendapat Asupan Vitamin D

Vitamin D kian banyak dikonsumsi selama pandemi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Semua orang mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D di tengah pandemi.
Foto: picpedia.org
Semua orang mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D di tengah pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D di tengah pandemi. Alasannya, karena vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang sering kali kurang didapatkan dari sebagian orang.

“Banyak orang kekurangan vitamin D daripada mereka yang mencukupinya,” kata Tracy Lockwood Beckerman, RD seperti dilansir dari laman Well and Good, Rabu (30/6).

Baca Juga

Meskipun beberapa makanan merupakan sumber vitamin D yang baik, Beckerman mengatakan bukan tidak mungkin untuk mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D.

"Anda harus agak strategis dalam pilihan makanan untuk memastikan mendapatkan jumlah yang cukup dari makan pagi hingga malam" ujarnya.

Namun, ada beberapa cara yang cukup mudah dilakukan untuk mendapatkan asupan vitamin D. Berikut lima cara yang direkomendasikan.

Berjemur

Vitamin D pada dasarnya didapatkan melalui sinar matahari. Menurut penelitian, sekitar 20 menit sinar matahari setiap hari dengan lebih dari 40 persen kulit yang terpapar diperlukan untuk mencegah defisiensi.

Pilih susu yang tepat

“Baca label susu pilihan Anda, pastikan itu diperkaya dengan vitamin D,” saran Beckerman.

Makan bagian yang 'berlemak'

Beckerman menjelaskan, vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang disimpan dalam jaringan lemak di dalam tubuh. Vitamin D ditemukan di bagian 'lemak' dari ikan, susu, dan telur.

"Tapi jangan biarkan hal itu menghalangi Anda untuk memakannya karena bagian itu biasanya dikemas dengan nutrisi besar seperti vitamin A, D, E, dan K," katanya.

Salmon, trout, dan tuna adalah ikan berlemak yang disetujui Beckerman, seperti halnya mengonsumsi suplemen minyak hati ikan. “Jangan menyimpang dari kuning telur, di situlah ia bersembunyi."

Makan lebih banyak jamur

Beckerman menyarankan untuk menambahkan jamur ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan vitamin D yang ramah vegan dan nabati. “Meskipun secara inheren mengandung vitamin D, mereka dapat diobati dengan sinar UV. Ini meningkatkan paparan vitamin D, sehingga meningkatkan kadarnya di jamur.”

Jika Anda menggagap jamur itu kotor, cobalah memotongnya menjadi sangat kecil dan menggunakannya sebagai pemanjang daging.

Minum suplemen

Salah satu cara mencukup kebutuhan vitamin D dengan meminum suplemen. Namun, perhatikan suplemen yang dikonsumsi, dan sebaiknya cari yang bebas zat aditif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement