Rabu 30 Jun 2021 00:22 WIB

Dokter Jawab 5 Pertanyaan Soal Isolasi Mandiri di Rumah

Orang yang positif Covid-19 tanpa gejala dapat menjalani isolasi mandiri di rumah.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Isolasi mandiri pasien Covid-19. Orang tanpa gejala Covid-19 dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.
Foto:

4. Bagaimana jika hanya ada satu kamar mandi di rumah?

Jika hanya ada satu kamar mandi di dalam rumah, pastikan untuk membersihkannya setelah setiap kali digunakan. Tutup kloset sebelum menyiramnya.

5. Baju orang positif Covid-19 harus dicuci terpisah?

Pakaian pasien Covid-19 harus dicuci secara terpisah. Tidak hanya itu, peralatan makan juga harus dipisahkan. Jangan dipakai oleh anggota keluarga yang ada di rumah.

photo
Pasien Covid-19 isolasi mandiri di rumah. (Ilustrasi) - (Republika.co.id)

Dr Basu mengatakan, jika Anda terinfeksi virus dan berada dalam isolasi, sebaiknya gunakan peralatan sekali pakai untuk makanan dan membuangnya setelah digunakan. Jika menggunakan peralatan rumah tangga, Anda harus menyimpan dua set, cuci, lalu biarkan keluarkan dari kamar selama 10 sampai 12 jam. Setelah itu, peralatan baru bisa dipakai anggota keluarga yang lain.

Selain itu, pasien yang positif Covid-19 disarankan berada di dalam kamar saja. Jika tinggal di apartemen atau rumah bertingkat yang memiliki balkon tersendiri yang jauh dari orang lain, Anda tentu boleh ke balkon. Tapi alangkah baiknya tetap di kamar.

"Jangan lupa peralatan elektronik yang dipegang harus dibersihkan secara berkala. Sebaiknya tidak menggunakannya bersama dengan orang lain sampai Anda sembuh," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement