Selasa 29 Jun 2021 00:25 WIB

Masker Dobel Dianjurkan, Masker Bedah Bisa Dipakai Berulang?

Pakai masker bedah terlebih dahulu baru kemudian melapisnya dengan masker kain.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Reiny Dwinanda
Memakai masker dobel kini sangat dianjurkan.
Foto:

Sesuai pedoman pusat kesehatan, seperti dilansi Indian Express, Senin (28/6), masker bedah hanya boleh digunakan sekali saja. Selain itu, masker bedah juga seharusnya tidak dicuci untuk kemudian dipakai kembali.

Dalam hal penggunaan masker ganda, masker bedah dapat digunakan hingga lima kali dengan membiarkannya di tempat yang kering selama tujuh hari setelah satu kali penggunaan. Idealnya, biarkan masker bedah terpapar sinar matahari baru setelah itu bisa digunakan kembali sebagai masker ganda.

Lantas, bagaimana cara membuang masker bekas? Menurut Kementerian Kesehatan, masker bekas harus dianggap sebagai limbah medis yang berpotensi terinfeksi.

Masker bekas dapat dimasukkan ke dalam kantong sebelum dibuang ke wadah pembuangan limbah yang teridentifikasi. Alternatif lainnya ialah dengan membakar atau menguburnya dalam-dalam.

Menyusul temuan kasus varian Delta di 85 negara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat pekan lalu mengingatkan agar warga dunia kembali memakai masker, termasuk yang sudah divaksinasi. Memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan lainnya diyakini dapat mengekang penyebaran dan penularan Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement