Senin 28 Jun 2021 10:34 WIB

Sembuh Covid-19, Tunggu 7 Pekan untuk Operasi Elektif

Efek jangka panjang Covid-19 pengaruhi jadwal operasi elektif.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Ruang operasi (Ilustrasi). menunggu selama setidaknya tujuh pekan setelah infeksi Covid-19 sebelum menjalani operasi dapat mengurangi risiko kematian pasien.
Foto:

"Kami tidak tahu mengapa demikian. Tetapi masuk akal untuk berasumsi, ketika kita memutuskan berapa lama pasien harus menunggu sebelum menjalani operasi elektif, mengingat pernapasannya atau sistem lain mungkin masih terpengaruh," kata Goldmann.

Studi yang diterbitkan pada bulan Maret lalu meneliti tingkat kematian 30 hari pasca operasi lebih dari 140 ribu pasien di 116 negara yang menjalani operasi elektif atau darurat pada bulan Oktober. Para peneliti menemukan bahwa pasien yang menjalani operasi dalam waktu dua pekan setelah diagnosis Covid-19 mereka memiliki tingkat kematian yang disesuaikan 4,1 persen pada 30 hari.

Angka tersebut menurun menjadi 3,9 persen pada mereka yang didiagnosis tiga hingga empat pekan sebelum operasi. Angkanya turun lagi menjadi 3,6 persen pada mereka yang menjalani operasi lima hingga enam pekan setelah diagnosis mereka.

Pasien yang operasinya terjadi setidaknya tujuh pekan setelah diagnosis Covid-19 memiliki tingkat kematian 1,5 persen. Namun, bahkan setelah tujuh pekan, pasien yang masih memiliki gejala Covid-19 dua kali lebih mungkin meninggal setelah operasi daripada orang yang gejalanya telah sirna atau yang tidak pernah memiliki gejala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement