Sabtu 26 Jun 2021 00:23 WIB

Gejala Covid-19, Kapan Mulai Terasa?

Gejala Covid-19 kini mulai mengalami perubahan.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah pasien bersama keluarga menunggu hasil PCR dan ruangan rawat inap di Posko Covid-19 dan Pemeriksaan Swab RSUD Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jumat (25/6). Lakukan pencegahan agar tak tertular Covid-19.
Foto:

Menurut Spector, varian Delta bekerja dengan cara yang agak berbeda. Namun, perbedaan itu bisa jadi juga karena Covid-19 sedang mewabah di kalangan anak muda dan gejalanya memang diketahui dapat berbeda-beda menurut kelompok umur.

"Gejala nomor satu adalah sakit kepala diikuti oleh sakit tenggorokan, pilek, dan demam," kata Spector, dikutip dari The Sun.

Namun, tidak semua orang mengalami gejala umum tersebut saat positif Covid-19. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, gejala infeksi virus dapat muncul dalam waktu dua hingga 14 hari.

Ini menjadi alasan mengapa seseorang yang diduga terinfeksi virus corona jenis baru atau sempat memiliki kontak dengan orang yang positif Covid-19 perlu menjalani karantina selama 14 hari. Sebuah laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa masa inkubasi virus rata-rata adalah lima hingga enam hari setelah infeksi, namun itu tetap dapat berkisar hingga 14 hari.

“Pasien Covid-19 umumnya mengalami tanda dan gejala, termasuk gejala pernapasan ringan dan demam, rata-rata lima hingga enam hari setelah infeksi, dengan masa inkubasi lima hingga enam hari dan kisaran satu hingga 14 hari," ujar laporan WHO. Masa inkubasi adalah periode antara paparan infeksi dan munculnya gejala pertama.

Cara terbaik untuk mencegah diri tertular dari Covid-19 adalah dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari pertemuan dengan banyak orang terlebih dahulu. Sebisa mungkin, hindari sering menyentuh wajah, hidung, dan mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement