Rabu 23 Jun 2021 03:03 WIB

Tips dari Dokter untuk yang Ingin Minum Obat Tradisional

Hoaks mengenai bahaya obat tradisional juga perlu diwaspadai.

Barang bukti obat tradisional ilegal (Ilustrasi). Pastikan obat herbal yang dibeli memiliki izin edar dari BPOM.
Foto:

Dr Inggrid menyerukan, masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter jika menggunakan obat herbal atau ramuan sebagai opsi penyembuhan penyakit.

"Banyak ramuan sederhana yang bisa diracik sendiri oleh masyarakat dan ini memang untuk upaya promotif dan preventif, namun di luar itu kita perlu hati-hati," kata dr. Inggrid.

"Ada bebrapa ramuan juga yang dokter ajarkan, misalnya untuk menurunkan tekanan darah, turunkan lemak darah, gula darah, itu kita bisa mengajarkan ke masyarakat, tapi memang dengan ketentuan bahwa harus konsultasi dengan dokter masing-masing," ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Inggrid mengatakan bahwa bahan dari alam bekerja tidak secara instan, namun bertahap menyeimbangkan dengan minimal efek samping. Obat herbal dengan bahan alam pun menjadi pilihan yang baik untuk memelihara kesehatan, kecantikan, imunitas, kebugaran, dan mencegah penyakit, serta mengatasi gangguan kesehatan ringan.

Dr Inggrid juga mengajak masyarakat untuk lebih teliti dalam mempelajari tanaman obat dan alternatif pengobatan herbal, terlebih di masa pandemi.

"Di masa pandemi ini kita sering dibanjiri hoaks yang merugikan jamu maupun masyarakat itu sendiri. Misalnya, seperti hoaks tentang temulawak dan kunyit yang berbahaya untuk dikonsumsi, dan lainnya," kata dr Inggrid.

"Masyarakat bisa mencari informasi dari mana? Kami sebagai perkumpulan dokter punya media sosial seperti Instagram, di mana masyarakat bisa bertanya melalui pesan atau komentar di sana."

"Selain itu, masyarakat bisa menambah literasi melalui web atau media sosial Kemenkes dan BPOM. Mereka juga mereka sering buat rilis klarifikasi hoaks yang beredar. Literasi masyarakat harus baik dengan lebih memberi kepercayaan kepada sumber-sumber yang valid," imbuhnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement